Jangan Asal Membersihkan Ya! Ini Nih 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membersihkan Furnitur Kulit

Jangan Asal Membersihkan Ya! Ini Nih 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membersihkan Furnitur Kulit

Editor Ajar

Jangan Asal Membersihkan Ya! Ini Nih 4 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membersihkan Furnitur Kulit

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Kali ini AJAR.id akan membahas tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat akan membersihkan furnitur kulit. Kamu tentu sering melihat furnitur kulit banyak sekali digunakan pada hotel maupun restoran. Perlu diakui bahwa furnitur kulit memang terlihat bagus dan juga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, furnitur kulit pun dapat menambah estetika ruangan secara keseluruhan. Contoh furnitur yang biasanya dibuat dari material kulit misalnya sofa dan kursi bar.

Furnitur ini juga yang selalu digunakan oleh tamu setiap saat, sehingga rentan terhadap noda dan kotoran. Bila sudah kotor begitu, tentu Ajarian harus segera membersihkannya. Namun, sebelum melakukan pembersihan, Kamu harus melakukan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar furnitur kulit menjadi awet dan tahan lama.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan furnitur kulit?

Berikut ini 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan furnitur kulit:

  1. Cek Jenis Kulit yang akan Dibersihkan
    Pertama-tama Kamu harus mengidentifikasi dahulu jenis kulit apakah yang digunakan pada furnitur tersebut. Hal ini berguna agar Kamu bisa menentukan cara membersihkan yang tepat, baik dari segi peralatan maupun bahan kimia yang dibutuhkan. Secara umum ada dua jenis kulit, kulit sintetis dan kulit asli. Keduanya membutuhkan penanganan yang berbeda karena bahan bakunya pun tidak sama.
  1. Periksa Apakah Ada Kerusakan atau Sobekan
    Kemudian, periksa apakah ada kerusakan seperti sobekan, retak atau bagian yang koyak. Pada kulit asli, cek apakah terdapat jamur. Jika memang ada kerusakan, semestinya Kamu perbaiki dulu barulah lanjutkan untuk membersihkannya. Karena bila langsung Kamu bersihkan bagian yang rusak tanpa memperbaikinya dahulu, dikhawatirkan justru akan semakin merusak atau bisa mempersulit proses pembersihan yang Kamu lakukan. Segera hubungi profesional yang mengangani hal tersebut, jika memang diperlukan.
  1. Periksa Jadwal Pembersihan
    Bahan kulit cenderung awet dan tahan lama, jika dirawat dengan baik. Biasanya baik hotel maupun restoran sudah memiliki jadwal pemeliharaan tersendiri untuk membersihkan furnitur kulit. Jarang ditemukan adanya pembersihan yang mendadak di luar jadwal yang telah ditentukan, kecuali pada kondisi tertentu seperti terkena tumpahan kopi, teh, tinta, dll. Maka Ajarian harus mengecek dulu nih, kapan saja proses pembersihan perlu dilakukan. Umumnya ada jadwal pembersihan rutin harian, mingguan hingga bulanan atau tahunan.
  1. Perhatikan Lokasi Penempatan
    Untuk furnitur kulit, yang harus Kamu perhatikan juga adalah lokasi penempatannya. Sebaiknya letakkan di area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Karena, cahaya matahari ini bisa mengakibatkan bahan kulit menjadi sangat kering dan mengakibatkan retak-retak. Supaya awet, posisikan furnitur kulit di tempat yang tepat.

Nah, bila Sahabat Ajarian sudah mengetahui apa saja yang perlu diperiksa sebelum membersihkan kulit, tentu sekarang Kamu sudah siap kan untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu proses pembersihan? Kamu bisa cek artikel alat dan bahan untuk membersihkan kulit dan cara membersihkan furnitur kulit yang akan diunggah besok.

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News