Jangan Anggap Remeh Ya! Yuk Mengenal Lebih Dekat Profesi Waiter (Pramusaji)

Jangan Anggap Remeh Ya! Yuk Mengenal Lebih Dekat Profesi Waiter (Pramusaji)

Editor Ajar

Jangan Anggap Remeh Ya! Yuk Mengenal Lebih Dekat Profesi Waiter (Pramusaji)

AJAR.id– Hello Ajarian! Posisi kerja sebagai Waiter (Pramusaji) masih sering dianggap remeh oleh masyarakat. Seolah-olah menjadi Pramusaji itu pekerjaan rendah dan setiap orang bisa melakukannya. Padahal, banyak sekali keterampilan dan wawasan yang harus dimiliki oleh seorang Pramusaji baik yang bekerja di sektor restoran maupun perhotelan.

Misalnya saja, mereka harus mengetahui berbagai macam jenis coffee, tea, wine, beer, cocktail, mocktail, jenis-jenis set up table, nama-nama peralatan kerja, menu-menu yang disajikan, dan masih banyak sekali wawasan dan keterampilan lainnya yang harus dikuasai. Untuk itu, alangkah lebih baiknya bila kita belajar mengenai profesi dan kualifikasi seorang Pramusaji.

Waiter  adalah seseorang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makan dan minum bagi para tamu secara profesional. Mereka sangat berperan dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan yang secara langsung akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Lewat komunikasi dengan para pelanggan, seorang Pramusaji harus dapat segera mendeteksi keinginan dan kebutuhan para pelanggan untuk mewujudkannya.

Untuk melakukan tugas-tugasnya, maka tidak heran bila level keterampilan komunikasi menjadi sangat penting pada profesi ini. Keahlian berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya menjadi nilai plus jika Kamu ingin melamar menjadi seorang Waiter. Selain itu, ia harus mampu memiliki keterampilan untuk menyimak dan merespons kebutuhan tamu dengan cepat, cermat dan akurat. Ia juga harus mampu untuk menjual makan dan minuman sesuai sasaran. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui berbagai jenis masakan dan minuman yang dihidangkan, mengetahui metode dan proses produksi, sehingga mampu menjelaskan dengan rinci ketika terdapat permintaan dari para tamu-tamunya.

Untuk menjadi seorang Waiter  , umumnya hotel atau restoran memiliki kriteria-kriteria tertentu, tentunya tergantung kelas restoran yang akan dilamar. Berikut adalah gambaran persyaratan secara umum bila Kamu hendak melamar sebagai seorang Pramusaji.

  • Sehat secara jasmani, memiliki pendengaran dan penglihatan yang normal. Gigi dan kuku terawat dengan rapi dan tidak mengidap penyakit menular seperti TBC atau hepatisis. Hal ini sangat penting karena bertujuan untuk memastikan bahwa proses komunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja berjalan dengan baik. Selain itu, untuk memastikan bahwa semua makan dan minuman yang akan dihidangkan tidak terkontaminasi oleh virus atau bakteri yang dapat mengakibatkan keracunan dan penularan.
  • Berpenampilan rapi, bersih, tidak berkumis, atau berjenggot. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa makanan dan minuman yang disajikan dalam tingkat higienitas tinggi dan juga enak dipandang mata tamu yang melihat.
  • Berperilaku positif, bersikap ramah, sabar, jujur, cermat, mampu bekerja sama dan suka menolong orang lain dan mampu bekerja cerdas dan tuntas.
  • Untuk pendidikan minimal, biasanya tiap hotel memiliki kriteria sendiri. Tapi secara umum, posisi ini dapat ditempati mulai lulusan SMK Perhotelan jurusan Food & Beverage. Bila Kamu bukan dari jurusan perhotelan dan ingin menekuni bidang ini, selama Kamu memiliki kemauan keras untuk belajar dan bekerja, banyak juga hotel yang bersedia menerima. Umumnya dimulai dari karyawan harian (daily worker)

Sahabat Ajarian, itulah gambaran dari pekerjaan dan kualifikasi untuk menjadi seorang Waiter (Pramusaji) baik di hotel, restoran, kafe, maupun kapal pesiar. Peluang karir yang begitu besar yang dapat Kamu peroleh dengan tingkatan gaji sesuai dengan bidang industri yang Kamu tekuni.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News