Ini Nih Prosedur Check in bagi Tamu Hotel yang Harus Kamu Ketahui

Ini Nih Prosedur Check in bagi Tamu Hotel yang Harus Kamu Ketahui

Editor Ajar

Ini Nih Prosedur Check in bagi Tamu Hotel yang Harus Kamu Ketahui

AJAR.id – Hello Ajarian! Jika Kamu ingin menginap di hotel, umumnya Kamu akan melakukan proses check in, yaitu proses konfirmasi dan pendaftaran kepada pihak hotel yang dilakukan oleh Front Office.

Sebagai tamu, bagaimana sih cara kita melakukan proses check in di kamar hotel?

Cara melakukan check in kamar hotel ini ada beberapa langkah yaitu:

  1. Kamu harus mengetahui kapan proses check in ini dilakukan oleh pihak hotel. Biasanya pihak hotel sudah mematok waktu untuk melakukan proses check in dan check out. Contohnya: Proses check in dilakukan pukul 14:00, proses check out dilakukan maksimum pukul 12.00. Selisih antara waktu check in dan check out adalah 2 jam yang bertujuan agar pihak Housekeeping memiliki cukup waktu untuk membersihkan kamar dari tamu yang sebelumnya. Jadi, sebaiknya pilih jadwal penerbangan atau transportasi sesuai jadwal check in sehingga ketika Kamu datang, kamar sudah siap.
    Namun, jadwal check in dan check out tersebut dapat berbeda dengan ketentuan di tiap-tiap hotel. Untuk mengetahuinya, Kamu dapat melihat di surat konfirmasi yang dimuat dalam bagian ketentuan dari pihak hotel maupun travel agent.
  2. Front Office akan melakukan konfirmasi reservasimu dengan mencocokkan identitasmu, jumlah orang yang menginap, dan paket yang Kamu beli. Tunjukan konfirmasi reservasi kepada staf Receptionist. Bila jumlah orang melebihi kapasitas kamar, biasanya Kamu akan ditawarkan kamar yang sesuai dengan kapasitas orang yang akan tinggal atau menawarkan extra bed dengan tambahan biaya.
  3. Setelah pencocokan bukti reservasi, staf Receptionist akan melihat status kamar yang sudah siap ditempati dengan standar kualitas hotel.
  4. Selanjutnya staf Receptionist akan melakukan registrasi di sistem dan memintamu untuk menandatangani form registrasi yang menyatakan bahwa Kamu telah setuju untuk membayar harga sesuai jenis kamar dan layanan yang telah Kamu pilih dan menyetujui atas ketentuan yang berlaku di hotel.
  5. Staf Receptionist akan memberikan kunci kamar hotel dan voucher untuk sarapan (bila termasuk dalam paket yang Kamu beli).
  6. Apabila terdapat barang bawaan yang berat, pihak hotel biasanya akan dengan sigap membantumu untuk membawakan barang bawaan dan mengantarkanmu ke dalam kamar.
  7. Setelah sampai di kamar, karyawan hotel menjelaskan fasilitas kamar seperti bagaimana cara menggunakan safe deposit box untuk menyimpan barang berharga dan menjelaskan kelengkapan kamar sesuai dengan klasifikasi hotel bintang yang Kamu pilih.

Di beberapa pihak hotel terdapat penambahan biaya apabila terjadi check in yang terlalu awal atau keterlambatan check out dari waktu yang telah ditetapkan unit hotel. Cermat dan teliti adalah salah satu cara menjadi tamu hotel yang jempolan. Itulah beberapa cara melakukan check in kamar hotel bagi tamu hotel. Jadi, proses melakukan check in kamar hotel sebenarnya cukup mudah dan nyaman asalkan tamu hotel mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak hotel sehingga tidak terjadi salah paham antara tamu dan hotel.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News