Ini Nih Perlengkapan untuk Membersihkan Kamar yang Harus Kamu Ketahui

Ini Nih Perlengkapan untuk Membersihkan Kamar yang Harus Kamu Ketahui

Editor Ajar

Ini Nih Perlengkapan untuk Membersihkan Kamar yang Harus Kamu Ketahui

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya yang membahas tugas harian room attendants di hotel, sudah dijelaskan bahwa tugas utama room attendant adalah membersihkan dan menjaga kerapian kamar. Sebelum menjalankan tugas tersebut, Kamu harus menyiapkan dulu perlengkapan yang akan membantumu nih Ajarian. Berikut perlengkapan yang harus disiapkan saat akan membersihkan dan merapikan kamar tamu:

  1. Peralatan ─ alat kebersihan yang digunakan room attendant ada beragam, mulai dari alat manual hingga yang bermesin. Selengkapnya bisa kamu ketahui pada artikel Peralatan Kebersihan yang Harus Disiapkan Room Attendant.
  2. Chemical ─ terdapat banyak macam chemical untuk membersihkan berbagai objek dalam kamar. Chemical untuk permukaan kaca tentu berbeda dengan chemical yang digunakan pada kayu, dan tipe permukaan lainnya.
  3. Bedding ─ bedding meliputi linen bersih untuk kasur, bantal, linen, duvet, mattress protectors. Persediaan bedding bersih harus ditaruh dalam troli housekeeping dan tidak boleh tercampur dengan bedding yang kotor.
  4. Toiletries ─ berbagai toiletries perlu disiapkan agar bisa mengisi ulang toiletries pada kamar yaitu bath towelfloor mat, sabun, shampooconditioner, sikat dan pasta gigi, sewing kit, shoe shine kit, razor, dll.
  5. Stationery ─ alat tulis yang harus tersedia di antaranya pena, kertas, amplop, notebook dan formulir. Umumnya alat tulis ini akan disusun pada bedside table atau meja lain di kamar.
  6. Paperproducts─ paper product yang harus selalu diganti adalah tisu toilet, sanitary bag dan toilet hygiene strip.
  7. Promotional & Informational Material ─ berbagai brosur dan materi promosi lainnya mulai dari daftar sampel menu, daftar chanel TVflyer promosi, majalah, hingga doorknob cards bertuliskan ‘Do Not Disturb’ atau ‘Please Make Up My Room’ untuk dipasang di depan pintu.
  8. Bags ─ seperti laundry bag dan dry-cleaning bag untuk pakaian kotor, rubbish bag khusus sampah dan linen bag untuk menaruh linen kotor.
  9. Give away items ─ meliputi kopi, teh, gula, krimer atau susu. Bagi tipe kamar yang dilengkapi dapur tersendiri, biasanya ada item lain yang perlu disiapkan. Tanyakan pada supervisormu mengenai apa saja yang harus disediakan pada kamar yang memiliki dapur.
  10. Replacement items ─ siapkan benda seperti baterai untuk menggantikan yang sudah mati pada remote control atau bohlam lampu untuk mengganti bohlam pada bedside lamps dan penerangan lain di kamar.

Perlengkapan di atas sudah harus tersedia dalam housekeeping trolley saat Kamu akan bertugas, sehingga Kamu tidak perlu bolak-balik ke ruang housekeeping untuk mengambil barang yang diperlukan. Tata barang-barang tersebut dengan rapi agar trolley tidak berantakan dan tetap seimbang.

Kalau ternyata ada perlengkapan yang stoknya habis atau menipis, Kamu bisa mengajukan penambahan barang tersebut melalui requisition form. Formulir ini perlu diisi dengan nama petugas yang meminta tambahan stok, jenis item, jumlah, serta tanggal. Nantinya formulir diserahkan pada Head Housekeeper untuk diproses.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News