Ini Nih 5 Keunikan yang Dapat Meningkatkan Occupancy Hotel

Ini Nih 5 Keunikan yang Dapat Meningkatkan Occupancy Hotel

AJAR Hospitality

Ini Nih 5 Keunikan yang Dapat Meningkatkan Occupancy Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Kamu pastinya tahu Indonesia adalah salah satu dari destinasi wisata favorit di dunia? Nah, hal ini membuat para investor berlomba-lomba untuk menanamkan modalnya di industri pariwisata, salah satunya lewat pembangunan hotel & resor.

Mungkin di era 2000 an kita hanya mengenal tiga manajemen hotel yang terlebih dulu bermain di industri perhotelan, sebut saja Santika, Accor, dan Archipelago Group. Tetapi akhir-akhir ini, sudah banyak muncul pemain-pemain baru yang siap untuk merebut pangsa pasar dari ketiga hotel group tersebut.

Oleh karena itu, persaingan perebutan pasar untuk meningkatkan tingkat hunian kamar (occupancy) semakin ketat. Sekarang tidak ada lagi yang namanya unggul karena nama besar group, tetapi keunikan dan karakter sebuah hotel lah yang membuat unggul di dunia perhotelan.

Lalu apa saja kah keunikan yang dapat meningkatkan tingkat hunian kamar (occupancy)?

Beberapa keunikan tersebut meliputi:

  1. Bentuk arsitektur bangunan
    Di era modern ini, bentuk bangunan dan gaya arsitektur menjadi modal utama berdirinya sebuah hotel. Bisa kita lihat, hotel-hotel di era modern memiliki gaya arsitektur tersendiri dengan perpaduan kebudayaan lokal dengan cita rasa internasional mulai dari desain interior maupun eksteriornya. Manfaat dari bentuk arsitektur bangunan ini adalah media promosi untuk hotel terbantu dengan banyaknya tamu hotel yang selfi di depan hotel dan mengunggahnya di media sosial.
  1. Menu sajian khas
    Beberapa hotel sudah membuat menu yang unik untuk menggaet wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara agar check in di tempatnya. Salah satu andalan menu dari hotel adalah memodifikasi makanan dan minuman khas daerah agar tampak menjadi lebih modern dan bercita rasa bintang lima.
  1. Keunikan uniform (seragam) karyawan
    Dahulu kita sering menjumpai seragam karyawan hotel hanya hem putih dengan celana panjang berwarna gelap dan berdasi merah. Tetapi sekarang, seragam untuk karyawan hotel memiliki warna yang berbeda-beda disesuaikan dengan warna logo sebuah manajemen hotel yang mengelola hotel tersebut. Bahkan ada hotel yang seragamnya merupakan bentuk perpaduan busana adat khas daerah seperti batik.
  1. Sambutan hangat untuk tamu hotel
    Keramahan merupakan hal yang wajib diterapkan pada hotel. Ucapan selamat datang untuk tamu adalah hal yang harus dijalankan oleh staf Front Desk Attendant.
    Agar menambah kesan tamu hotel, banyak manajemen hotel yang memberikan welcome drink untuk tamunya, bahkan ada hotel yang memberikan kejutan untuk tamu yang sedang berulang tahun dengan memberikan roti tart dan lilin.
  1. Harga kamar yang relatif murah tetapi tetap menomor satukan kualitas
    Masing-masing hotel memiliki kebijakan penerapan harga kamar sendiri. Untuk meningkatkan occupancy, masing-masing manajemen hotel akan berlomba untuk menurunkan harga kamar.
    Contoh ilustrasinya sebagai berikut:
    Hotel A merupakan hotel bintang 3 dengan harga kamar Rp 350.000,-
    Hotel B dengan standar bintang 3+ pasti akan menyamakan harga kamarnya seperti harga kamar hotel ASecara segi standar jelas hotel B lebih unggul daripada hotel A, tetapi secara segi harga, harga kamar hotel B relatif sama dengan hotel A.

Sahabat Ajarian, semakin banyak hotel yang memiliki keunikan tersendiri diharapkan dapat mampu mendongkrak dan menambah nilai di sektor pariwisata sehingga semakin banyak pula wisatawan yang datang untuk berlibur.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News