Ingin Menyajikan Hidangan Sayuran? Simak 5 Tips Ini

Ingin Menyajikan Hidangan Sayuran? Simak 5 Tips Ini

AJAR Hospitality

Ingin Menyajikan Hidangan Sayuran? Simak 5 Tips Ini

AJAR.id – Hello Ajarian! Menyajikan sayuran di atas piring adalah keterampilan yang penting. Jika sayuran ditempatkan tanpa Kamu atur dengan baik, maka seluruh penampilan hidangan dapat hancur dan tidak lagi terlihat menggiurkan.

Memasak sayuran hijau dengan benar akan memberikan warna hijau cerah yang menambah daya tarik visual. Sayuran hijau yang terlalu matang (overcooked) akan terlihat kusam dan menjadi terlalu lembek. Sayuran hijau semestinya disajikan dalam kondisi masih sedikit renyah ketika dikunyah.

Sayuran dapat disajikan dengan cara berikut:

  • Sebagai pendamping hidangan daging
  • Sebagai menu tunggal
  • Sebagai bagian dari menu buffet.

Sayuran biasanya dianggap sebagai makanan pendamping. Tetapi, tidak jarang pula sayuran menjadi sumber makanan utama dalam suatu hidangan.

Ketika menyajikan sayuran, ada 5 hal penting yang harus Kamu perhatikan dan pertimbangkan. Kelima hal tersebut adalah:

  1. Kombinasi warna
    Fokus utama saat menyajikan sayuran adalah warna. Tempatkan sayuran berwarna hijau terang dan oranye berdampingan dan jangan letakkan sayuran dengan warna yang sama di samping satu sama lain karena ini akan mengurangi keharmonisan warna.
  2. Ketinggian hidangan
    Ingin mengarahkan mata customer ke item utama pada sebuah hidangan? Kamu dapat menyusun hidangan dengan mengatur agar ada bagian yang lebih tinggi sehingga langsung menarik perhatian customer. Kamu bisa menaikkan atau menumpuk sayuran untuk menciptakan ketinggian agar menciptakan visual yang lebih menarik.
  3. Jenis piring yang digunakan
    Pilih piring yang tepat untuk hidanganmu, piring bisa berbentuk bulat atau persegi, kayu atau keramik, opsinya tidak terbatas. Setiap piring memiliki fitur dan manfaatnya sendiri, tergantung pada apa yang ingin Kamu capai.
  4. Kombinasi rasa yang dihasilkan
    Kamu perlu memahami sayuran apa yang rasanya enak bila digabungkan, yang mana yang harus dimasukkan dan mana yang tidak seperti brokoli cocok diolah bersama dengan bawang putih, jus lemon, dan minyak zaitun.
  5. Tekstur yang dimiliki tiap sayuran
    Jangan ragu untuk bermain dengan tekstur, karena tekstur yang kontras akan menarik perhatian dan memuaskan palet lidah, kemudian atur sayuran untuk memasukkan tekstur yang kontras di setiap gigitan!

Sayuran yang disajikan secara menarik tentu akan meningkatkan selera makan, apalagi jika didukung dengan cita rasa masakan yang lezat.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News