Ciri-Ciri dari Sikap Rekan Kerja yang Berkonflik

Ciri-Ciri dari Sikap Rekan Kerja yang Berkonflik

AJAR Hospitality

Ciri-Ciri dari Sikap Rekan Kerja yang Berkonflik

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staf perhotelan, Kamu perlu berkoordinasi dengan departemen-departemen lain dalam menjalankan tugas. Misalnya seorang resepsionis akan berhubungan dengan room attendant untuk mengecek status kamar.

Adanya kerjasama yang baik tentu akan menciptakan kelancaran aktivitas dan atmosfir kerja yang positif. Namun, ada kalanya timbul sebuah konflik pada saat-saat tertentu.

Memangnya, apakah yang dimaksud dengan konflik?

Konflik merupakan situasi di mana adanya pertentangan antar individu, ide, atau kepentingan. Beberapa penyebab konflik di antaranya adalah:

  • Tekanan kerja
  • Kurangnya komunikasi
  • Prasangka buruk terkait isu SARA
  • Sistem kerja yang tidak efektif
  • Perbedaan pendapat
  • Kesalahpahaman
  • Tidak adanya partisipasi yang seimbang dalam tim

Sebelum situasi konflik terjadi, biasanya ada ciri-ciri yang bisa Kamu lihat dari sikap seseorang. Rekan kerja yang berpotensi menimbulkan konflik adalah mereka yang melakukan hal berikut ini:

  1. Menghindari kontak verbal dan visual
    Mereka akan menghindari untuk berpapasan denganmu, menolak berada dalam satu shift yang sama, dan tindakan lain yang membuat tidak adanya kontak verbal dan visual denganmu.
  2. Menunjukkan mimik wajah negatif
    Contohnya...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News