Cegah Kontaminasi Saat Proses Pengolahan Makanan!

Cegah Kontaminasi Saat Proses Pengolahan Makanan!

AJAR Hospitality

Cegah Kontaminasi Saat Proses Pengolahan Makanan!

AJAR.id – Hello Ajarian! Kontaminasi pada makanan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Baik saat bahan makanan baru diterima dari supplier, hingga ketika proses pengolahan di kitchen.

Penyebab kontaminasi juga beragam, misalnya kontaminasi mikrobiologis atau kontaminasi kimiawi. Apapun sumbernya, Kamu harus berupaya mencegah kontaminasi makanan agar tidak membahayakan customer yang mengonsumsinya.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan tentang cara mencegah kontaminasi pada saat pengolahan makanan. Bagaimanakah caranya? Berikut beberapa hal yang bisa Kamu lakukan:

  1. Pastikan ketersediaan waktu dan sumber daya memadai untuk mengolah makanan sesuai tata cara yang benar – contohnya dengan menyediakan gloves, extra utensils (knives, chopping boards, bowls) dan menyediakan waktu lebih untuk mencuci tangan, membersihkan makanan, dsb.
  2. Menempel tabel tata cara food handling yang benar di kitchen sebagai pengingat untuk para food handler.
  3. Membenahi prosedur yang dianggap kurang efisien, demi meminimalisir waktu yang dihabiskan makanan dalam Temperature Danger Zone – misalnya dengan membuat perencanaan aktivitas food preparation harian secara spesifik.
  4. Meningkatkan efisiensi prosedur stock control dan stock rotation.
  5. Menetapkan 2/4 rule kepada setiap makanan yang mudah rusak.
  6. Mengganti cleaning cloths secara berkala – setidaknya satu jam sekali, agar kotoran pada cloth tidak menumpuk dan mencemari makanan.
  7. Mencicipi makanan dengan utensil yang berbeda dengan utensil untuk mengolah makanan.
  8. Selalu memberi penutup pada makanan bila perlu, untuk mencegah kontaminasi dari udara.
  9. Mencuci dan mensterilkan setiap equipment yang digunakan untuk mengolah/memasak.
  10. Memantau kinerja staf di kitchen berkaitan dengan tata cara food preparation dan food safety yang benar, serta memberikan training pada staf bila perlu.

Nah, itulah beberapa cara efektif yang bisa Kamu praktekkan untuk mencegah kontaminasi saat proses pengolahan makanan. Kebersihan makanan berawal dari kebersihan diri Kamu sebagai food handler, baca juga yuk artikel selanjutnya tentang Tips Menjaga Kebersihan Diri Saat Bekerja di Hotel!

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News