Cara Tour Guide Menyikapi Masalah yang Dialami oleh Wisatawan

Cara Tour Guide Menyikapi Masalah yang Dialami oleh Wisatawan

AJAR Hospitality

Cara Tour Guide Menyikapi Masalah yang Dialami oleh Wisatawan

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai seorang tour guide, Kamu harus bertanggung jawab dengan segala kondisi di dalam perjalanan, termasuk yang kurang menyenangkan sekali pun. Contohnya wisatawan yang mengalami cedera, mood wisatawan yang buruk atau hilangnya sebuah barang.

Jika terjadi peristiwa yang kurang menyenangkan, sebaiknya seorang tour guide harus mengambil keputusan dengan cepat dan mempertimbangkan kondisi wisatawan lainnya. Berikut ini adalah tindakan lain yang bisa Kamu lakukan jika peristiwa tersebut terjadi:

  1. Masalah harus diselesaikan dengan cepat
    Ketika terjadi masalah selama perjalanan, sebaiknya harus segera diselesaikan dan hal ini sudah menjadi tanggung jawab seorang tour guide. Jika kondisinya memungkinkan, Kamu bisa mengobrol dengan wisatawan untuk menyelesaikan masalahnya.
  2. Berbicara dengan sopan
    Bicaralah dengan sopan ketika Kamu tengah menyelesaikan masalah yang dialami oleh wisatawan.
  3. Buat pelanggan tetap merasa nyaman
    Kamu bisa memisahkan diri untuk sementara dari rombongan jika ada wisatawan yang ingin berbicara secara pribadi. Tindakan ini dimaksudkan agar wisatawan tersebut tidak merasa malu atau terhakimi dengan rombongan lainnya.
  4. Bersikap tenang
    Jika Kamu ingin mengatakan...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News