Cara Tepat Mendinginkan Sup Agar Kualitasnya Terjaga

Cara Tepat Mendinginkan Sup Agar Kualitasnya Terjaga

AJAR Hospitality

Cara Tepat Mendinginkan Sup Agar Kualitasnya Terjaga

AJAR.id – Hello Ajarian! Salah satu penyebab keracunan makanan adalah kesalahan saat mendinginkan makanan. Saat mendinginkan sup jangan biarkan terlalu lama pada suhu 5°C hingga 60°C. Sup yang terlalu lama berada pada suhu tersebut akan cepat ditumbuhi bakteri.

Kamu bisa menggunakan metode 2 hour – 4 hour saat mendinginkan makanan terutama makanan yang sangat beresiko ditumbuhi bakteri seperti sup. Ketentuannya adalah:

  • Dinginkan selama 2 jam dalam suhu 60°C hingga 21°C.
  • Lalu dilanjutkan selama 4 jam dengan suhu 21°C hingga 5°C.

Untuk mendinginkan sup ada dua cara yang bisa Kamu terapkan seperti berikut ini:

1. Gunakan panci yang dangkal

Saat mendinginkan sup, Kamu bisa meletakkannya di sebuah panci dangkal dengan permukaan yang luas. Jika tidak memiliki peralatan yang bisa mempercepat pendinginan, Kamu bisa menggunakan wadah lain dengan permukaan yang luas agar suhu panas cepat menurun. Selain itu, Kamu juga bisa sesekali mengaduk sup agar permukaannya tidak menjadi kaku.

2. Mencelupkan sup ke dalam air es

Cara lain untuk mendinginkan sup adalah dengan mencelupkannya ke dalam wadah berisi air es. Kamu bisa menggunakan wadah berukuran besar lalu isi dengan es batu serta sedikit air. Lalu letakkan kettle berisi sup ke dalam wadah tersebut....

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News