Cara Mudah Menghitung Average Rate Index (ARI) Hotel

Cara Mudah Menghitung Average Rate Index (ARI) Hotel

AJAR Hospitality

Cara Mudah Menghitung Average Rate Index (ARI) Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai hotelier, bagaimanakah cara Kamu mengetahui bahwa performa harga pada hotelmu telah berada di atas, di bawah, atau sama dengan kompetitormu? Pada artikel ini AJAR.id akan membahas tentang ARI (Average Rate Index) dan cara menghitungnya.

ARI adalah salah satu indikator yang digunakan dalam dunia perhotelan untuk mengukur performa harga. ARI (Average Rate Index) digunakan juga dalam pengelolaan performa harga hotel yang dibandingkan dengan kompetitor. Dengan demikian, Kamu dapat mengetahui laju persaingan harga di pasar.

Lalu, bagaimana cara menghitungnya dan bagaimana cara membaca indikatornya?

Merujuk pada STR Global, ARI digunakan untuk mengukur performa Average Daily Rate (ADR) yang dibandingkan dengan dengan ADR yang berada dalam kompetisi dengan hotel yang memiliki karakter pasar, konsep, dan beroperasi pada kota yang sama dengan hotelmu.

Rumus cara menghitung ARI adalah sebagai berikut:

ARI = Hotel ADR/ComSet ADR

Contoh Ilustrasinya adalah sebagai berikut:

ARI = IDR 550.000 (ADR Ajar Hotel) / IDR 509.000 (ADR ComSet) = 1.08Ilustrasi di atas dengan contoh nama hotelmu adalah Ajar, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Contoh tersebut berarti ADR-mu berada di angka IDR 550.000 yang dibandingkan dengan ADR kompetitor di kotamu (ComSet: Competitor Set) sebesar IDR 509.200, maka diperoleh index sebesar 1.08

Cara membacanya adalah sebagai berikut, Jika hasil Indeks-mu adalah:

  • 1.00, maka posisi ADR-mu sama dengan ADR yang berada di pasar
  • Lebih dari 1.00, maka posisi ADR-mu berada di atas pasar
  • kurang dari 1.00, maka posisi ADR-mu berada di bawah pasar

Dalam contoh kasus di atas maka, ADR pada Ajar Hotel telah berhasil memimpin pasar dengan nilai ADR 8% di atas ADR yang berada dalam zona kompetisi di kotanya.

Setelah kita mengetahui cara menghitungnya, lalu apa manfaatnya bagi hotel?

Kamu dapat menggunakan Indikator ARI untuk mengukur besaran harga yang Kamu terapkan di pasar, sehingga harga yang Kamu terapkan dapat sesuai dengan demand dan karakter pasar di kotamu.

Penentuan posisi harga ini memang sangat sensitif bagi pasar, harga murah bukan merupakan jaminan kesuksesan dalam penjualan, Kamu dapat memilih strategi menjual dengan harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor jika Kamu memang memiliki values yang lebih dibandingkan dengan mereka.

Jadi, masalah harga ini ya tergantung hotel masing-masing dalam pemilihan strateginya. Kuncinya adalah Values Preposition yang ditawarkan dan pengaruh demand and supply harus diperhatikan sebelum mengambil kebijakan.

Sahabat Ajarian, sudahkah Kamu melihat dan membandingkan harga yang berada di pasar hari ini?

Baca juga Cara Menghitung Market Penetration Index (MPI) Hotel.

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News