Cara Menyusun dan Memotong Base Cake untuk Petit Fours

Cara Menyusun dan Memotong Base Cake untuk Petit Fours

AJAR Hospitality

Cara Menyusun dan Memotong Base Cake untuk Petit Fours

AJAR.id – Hello Ajarian! Untuk menarik perhatian pelanggan, petit fours harus memiliki penampilan yang menarik. Biasanya petit fours disusun dengan rapi pada sebuah piring. Sebelum disusun, base cake petit fours harus dipotong-potong terlebih dahulu.

Berikut ini adalah peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk menyusun petit fours:

  • Roti sponge dengan ketebalan 5mm sebanyak 3 atau 4 buah tergantung dari ketebalannya, lalu disusun hingga tingginya mencapai 3cm atau 1,25 inci.
  • Selai aprikot yang bertekstur lembut tanpa gumpalan.
  • 2 lembar baking paper.

Lalu, bagaimana cara menyusun base cake untuk petit fours?

  1. Letakkan satu roti spongebaking paper. Penataan ini untuk memudahkan roti untuk dipindah-pindahkan. Sebelum disusun, pastikan kertas pada roti sponge sudah dilepas.
  2. Oles tipis selai aprikot pada roti sponge.
  3. Tumpuk roti sponge kedua di atas roti pertama.
  4. Tekan keduanya agar menempel sempurna.
  5. Bersihkan remah-remah roti yang tercecer.
  6. Oles tipis roti sponge kedua dengan selai aprikot.
  7. Tumpuk roti sponge ketiga di atas roti kedua lalu balik tumpukan roti.
  8. Letakkan baking paper di atas tumpukan roti sponge lalu tekan.
  9. Letakkan nampan di atas tumpukan roti agar menempel sempurna. Jika tumpukan roti menggunakan butter cream, maka harus didinginkan terlebih dahulu agar padat.
  10. Roti sponge yang sudah disusun harus bisa bertahan setidaknya selama 2 jam. Sedangkan roti sponge yang menggunakan butter cream bisa disimpan di suhu dingin agar tetap padat.

Setelah petit fours disusun, kini saatnya untuk memotongnyaBiasanya, petit fours dipotong dengan bentuk kotak-kotak untuk mencegah pemborosan.

Kamu bisa memotongnya dengan bentuk lain, namun keakuratan dalam memotong petit fours sangat penting karena semakin sedikit pemborosan maka akan semakin banyak keuntungan yang didapat.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh bentuk potongan petit fours yang sering digunakan:

Gunakan bentuk serta ukuran yang sesuai ya! Seluruh potongan petit fours harus berukuran sama atau seragam. Perlu diingat bahwa sebagian besar petit fours bisa terbuang percuma, kira-kira lebih dari 20% ketika sudah dipotong-potong. Jadi, gunakan metode pemotongan yang benar ya!

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News