Cara Menyiapkan Special Request dari Tamu Hotel

Cara Menyiapkan Special Request dari Tamu Hotel

Editor Ajar

Cara Menyiapkan Special Request dari Tamu Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam artikel sebelumnya, Kamu telah mempelajari Arrival List Untuk Menyambut Kedatangan Tamu. Salah satu yang tercantum dalam arrival list adalah special request atau permintaan khusus dari tamu. Umumnya tamu memberitahukan special request saat melakukan reservasi dan menginginkan special request tersebut sudah tersedia saat mereka tiba di hotel.

Apa saja macam-macam special request dari tamu?

  • Buket bunga
  • Fruit basket
  • Coffee makers
  • Ranjang bayi (baby cot)
  • Play stations
  • Mesin printer
  • Majalah/koran tertentu
  • Chocolate box
  • Champagne/wine
  • Kursi roda dll.

Dalam memenuhi special request, perhatikan hal-hal seperti:

  1. Nama tamu beserta gelar bila perlu – salah satu fungsinya agar Kamu bisa menuliskan nama tamu dengan benar pada greeting card yang biasanya disertakan dalam special request.
  2. Informasi tamu berdasarkan jenis barang yang diminta tamu – misalnya data usia anak untuk keperluan extra bed/ranjang bayi, atau informasi nama perusahaan.
  3. Jumlah tamu – untuk memperkirakan berapa banyak barang yang harus disediakan.
  4. Rincian barang yang diminta tamu – misal jenis cokelat yang diinginkan, merek minuman yang harus disediakan, tipe mobil yang dibutuhkan, dll.
  5. Koordinasi dengan security – terkait special request yang meminta adanya pengamanan ekstra.

Dalam melayani special request, salah satu yang dipertimbangkan adalah status tamu. Jika tamu merupakan VIP guest, maka special request mereka akan lebih diprioritaskan terutama jenis special request yang membutuhkan usaha ekstra untuk memenuhinya. Selain dari itu, setiap ada special request yang masuk maka kamu harus selalu profesional dalam menanganinya ya Ajarian!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News