Cara Menentukan Urutan Kamar yang Harus Dibersihkan

Cara Menentukan Urutan Kamar yang Harus Dibersihkan

AJAR Hospitality

Cara Menentukan Urutan Kamar yang Harus Dibersihkan

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pekerjaan utama seorang room attendant adalah membersihkan kamar, di mana pekerjaan tersebut membutuhkan skill dan manajemen waktu yang baik agar bisa selesai tepat waktu, karena bukan hanya satu-dua kamar saja yang harus dibersihkan melainkan belasan hingga puluhan kamar, tergantung dari besar kecilnya hotel tersebut.

Seorang room attendant diberikan tugas membersihkan 12-20 kamar per harinya tergantung dari standar hotel masing-masing. Standar tersebut dapat ditentukan dari poin-poin di bawah ini:

  1. Tipe kamar ─ tipe kamar yang umumnya tersedia adalah single, double, twin, dan suites. Tiap kamar dilengkapi fasilitas mulai dari kamar mandi shower, bathtub, kitchen/kitchenette, balkon hingga lounge

Semakin lengkap fasilitas sebuah kamar, tentu semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Beberapa hotel melakukan pembagian tugas per tipe kamar, namun ada juga yang tidak.

  1. Room status ─ menentukan urutan kamar yang dibersihkan bisa dilihat dari room status yang datanya dapat diperoleh dari front desk. Adapun room status sebuah kamar contohnya:
  • Check out...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter