Cara Menentukan Harga Menu Olahan Kerang Hasil Laut

Cara Menentukan Harga Menu Olahan Kerang Hasil Laut

AJAR Hospitality

Cara Menentukan Harga Menu Olahan Kerang Hasil Laut

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebelumnya kita sudah mempelajari cara menentukan harga menu olahan ikan. Tak jauh berbeda, kali ini Kamu akan mempelajari cara menentukan harga menu olahan kerang hasil laut dengan melakukan yield testing. Yield testing adalah sebuah metode untuk menentukan berapa banyak porsi yang didapat dari sebuah bahan makanan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat melakukan yield testing pada kerang hasil laut:

Berat per porsi

Kerang lebih mudah untuk dibagi menjadi beberapa porsi karena biasanya dijual dalam bentuk satuan. Sedangkan untuk hasil laut bercangkang lainnya seperti lobster dijual per-kilogram. Nah, ada beberapa pilihan yang bisa Kamu pertimbangkan saat menjualnya:

  • Jika bahan-bahan dibeli per-biji maka Kamu bisa menjualnya beberapa biji dalam satu porsi secara konsisten
  • Jika bahan-bahan dibeli secara kiloan atau per-kilogram, Kamu bisa menjualnya dengan harga per-kilogram juga pada pelanggan

Maksimalkan penggunaan bahan makanan

Jangan sia-siakan bagian bahan makanan yang tidak terpakai. Kamu bisa menggunakan cangkang lobster untuk membuat bisques sauce atau sup. Alternatif lainnya, gunakan kepala udang untuk membuat saus seafood. Gunakan bahan-bahan makanan sesuai dengan kebutuhan

Menentukan jumlah kerang kecil dalan satu porsi

Kerang hasil laut memang beragam, salah satu diantaranya memiliki ukuran yang sangat kecil. Namun jika diolah tentu saja dibutuhkan dalam jumlah banyak. Meskipun ukurannya kecil, Kamu harus menentukan jumlahnya per-porsi agar tetap konsisten. Biasanya, kerang berukuran kecil diukur terlebih dahulu beratnya baru disajikan.

Kemampuan juru masak

Kemampuan juru masak saat melakukan yield testing juga dipertimbangkan loh. Apakah mereka bisa menangani kerang dan hewan bercangkang lainnya secara profesional? Jika juru masak kurang ahli dalam menangani hal tersebut maka pembagian per-porsi akan menjadi sulit dan memakan waktu yang lama.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News