Cara Membuat Memorandum Insidental dan Surat Harian

Cara Membuat Memorandum Insidental dan Surat Harian

AJAR Hospitality

Cara Membuat Memorandum Insidental dan Surat Harian

AJAR.id – Halo Ajarian! Memorandum, atau pesan yang berisi arahan tidak resmi, ditujukan kepada sesama rekan kerja atau staf bawahan. Surat ini memiliki dua jenis, yakni insidental dan harian. Apa beda keduanya, dan bagaimana penyusunannya?

Memorandum (memo)

Salah satu hal yang membedakan antara selembar memo dengan surat bisnis umum adalah dari segi penerimanya. Memo lebih ditujukan kepada sesama anggota internal perusahaan, dan bukan kepada orang lain di luar perusahaan tersebut.

Bagian-bagian penting memorandum terdiri dari:

  1. Kepada (penerima pesan)
  2. Dari (pengirim pesan)
  3. Tanggal (pengiriman pesan)
  4. Perihal (tujuan dari memo)

Memorandum dapat berbentuk salinan cetak (printout) atau surel (email). Keduanya sama-sama memiliki format penulisan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau memberikan arahan kepada sang penerima pesan.

Memorandum lebih bersifat insidental, atau yang pembuatannya berdasarkan satu tujuan yang muncul pada satu waktu tertentu.

Meski demikian, memo juga merupakan bagian dari korespondensi bisnis karena melibatkan kegiatan kegiatan tulis menulis yang disampaikan ke pihak lain.

Surat Harian

Surat harian merupakan bentuk dari korespondensi yang paling umum dilakukan oleh staf sekertariat baik terhadap kalangan internal maupun di luar perusahaan....

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News