Cara Membuat Marzipan untuk Petit Fours

Cara Membuat Marzipan untuk Petit Fours

AJAR Hospitality

Cara Membuat Marzipan untuk Petit Fours

AJAR.id – Hello Ajarian! Marzipan adalah kacang almond yang digiling lalu dicampur dengan gula cair atau putih telur serta icing sugar atau gula kastor. Campuran ini kemudian disebut sebagai pasta almond.

Marzipan yang digunakan sebagai base pembuatan petit fours sangat diminati oleh pelanggan. Selain karena warna dan tampilannya yang menarik, petit fours dengan base marzipan memiliki rasa yang enak.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat marzipan:

Cara membuat:

  1. Saring icing sugar lalu tambahkan bahan-bahan yang ada pada tabel grup A di dalam mangkuk.
  2. Tambahkan bahan-bahan dari tabel grup B dan tuangkan glukosa secara perlahan.
  3. Pijat seperti adonan.
  4. Bungkus dengan rapat.

Marzipan yang sudah selesai dibuat harus segera disimpan agar terhindar dari udara. Adonan yang terkena udara akan menjadi kering dan memberikan rasa yang kurang enak di mulut.

Agar tampilan marzipan semakin menarik, Kamu bisa menyajikannya dengan berbagai cara berikut ini:

  1. Digulung Membentuk Pipa atau Dipotong
    Marzipan harus dipanggang di oven hingga warnanya cokelat keemasan. Marzipan yang dipanggang harus memiliki kandungan gula yang tinggi. Namun, jangan terlalu tinggi karena bisa menyebabkan marzipan mendidih, bukan terpanggang. Kandungan gula yang terlalu banyak juga akan mempengaruhi rasa serta hasil akhirnya.
  2. Marzipan fancy
    Marzipan jenis ini diberi tambahan beragam rasa pasta, kacang, liqueur atau buah yang diawetkan. Jika ingin menambahkan kurma, Kamu bias memberikan rasa vanilla, kirsch atau rum serta mewarnai marzipan. Kurma yang terlalu keras bisa dilunakkan dengan sirup gula.

Agar marzipan bisa diberi filling kurma, potong adonannya terlebih dahulu lalu bentuk dengan telapak tangan. Kemudian masukkan kurma ke dalam adonan. Jika ada kurma yang menonjol, adonan marzipan akan diberi garis menggunakan pisau. Adonan yang sudah diisi kurma lalu ditaburi dengan gula pasir. Setelah kering, adonan akan dicelupkan ke adalam karamel.

Untuk variasi lainnya, marzipan dengan bentuk lingkaran akan diberi topping buah nanas, ceria atau walnut. Setelah itu, marzipan ditaburi dengan gula atau diberi karamel. Untuk memberi tampilan yang menarik pada display, marzipan diletakkan pada cup petit four.

  1. Modelled Marzipan
    Marzipan dibentuk menjadi seperti buah dan sayuran lalu diwarnai dan dibungkus. Agar kualitasnya tetap terjamin, semprot tipis marzipan dengan cocoa butter. Kemudian bungkus marzipan di dalam plastik dan letakkan di dalam kointainer tertutup.

Marzipan harus disimpan dengan baik karena dapat menyerap kelembapan dan cepat kering. Jika terlalu lembap, bentuk marzipan akan rusak. Namun, jika terlalu kering, marzipan akan berfermentasi.

Saat membuat marzipan, pastikan peralatan serta tempat kerja dalam kondisi bersih dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan karena akan banyak membentuk adonan!

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News