Cara Membersihkan Furnitur Kulit yang Baik dan Benar di Public Area Hotel

Cara Membersihkan Furnitur Kulit yang Baik dan Benar di Public Area Hotel

Editor Ajar

Cara Membersihkan Furnitur Kulit yang Baik dan Benar di Public Area Hotel

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Tahukah Kamu, furnitur yang berlapis kulit itu membutuhkan penanganan yang benar untuk membersihkannya? Jika tidak ditangani dengan benar, maka furnitur kulit akan sangat berpotensi menjadi cepat rusak.

Pada artikel ini AJAR.id akan memberikan pengetahuan mengenai cara membersihkan furnitur kulit yang baik dan benar agar furnitur kulit tidak cepat rusak. Cara untuk membersihkannya pun ada beberapa jenis, bisa tergantung jenis noda atau dari rentang waktunya. Namun, Sebelumnya Kamu harus membaca dulu nih, apa saja alat dan bahan yang sesuai untuk membersihkan kulitNah, bila alat dan bahannya sudah siap sekarang simak tahapan berikut ini yuk!

Pertama, Menyiapkan Area Kerja

Sebelum proses pembersihan dimulai, yang harus Kamu lakukan adalah menyiapkan area kerja. Dalam penyiapan area kerja ini, Kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Perhatikan apakah ada barang-barang yang harus dipindahkan seperti majalah dan koran. Jika ada, kondisikan terlebih dahulu barang-barang tersebut. Kemudian perhatikan juga furnitur-furnitur tersebut perlu digeser atau tidak ketika akan dibersihkan.
  2. Selain itu, perhatikan juga waktu pengerjaan ya Ajarian. Lakukan pembersihan pada waktu yang tidak mengganggu aktivitas tamu. Jika kebetulan proses pembersihan harus dilakukan ketika banyak tamu berlalu-lalang, gunakan papan penanda “yellow sign” untuk membatasi area yang tidak boleh dilewati tamu.

Kedua, Proses Pembersihan

Setelah mempersiapkan area kerja telah siap, sekarang saatnya Kamu mulai proses pembersihan furnitur kain. Proses pembersihan ini ada beberapa jenis, bisa tergantung jenis noda atau dari rentang waktunya, berikut ini penjelasannya secara detail:

Immediate cleaning

Immediate cleaning adalah pembersihan saat ada tumpahan kopi, teh atau bercak saus tomat yang menodai kulit. Hal-hal seperti ini dianjurkan untuk dibersihkan sesegera mungkin. Memang, furnitur kulit pasti sudah memiliki lapisan pelindung tersendiri di permukaannya. Namun bukan tidak mungkin kalau lapisan pelindung tersebut mulai memudar sehingga mengakibatkan tumpahan kopi merembes dan terserap ke dalam kulit.

Adapun langkah-langkah pembersihan langsung untuk furnitur kulit adalah berikut ini:

  • Cukup gunakan sabun lembut untuk membersihkan furnitur kulit.
  • Kemudian sikat bagian yang memiliki noda hingga berbusa agar kotorannya bisa terangkat
  • Kalau sudah, cukup bilas dengan lap lembap saja, tidak perlu sampai membasuh permukaan kulit dengan air.

Dengan cara ini, kandungan pada sabun tersebut bisa bekerja maksimal untuk melembapkan kulit.

Regular cleaning

Regular cleaning adalah pembersihan rutin berdasarkan rentang waktu tertentu. Kulit juga perlu dibersihkan secara berkala sebagai bentuk pemeliharaan kualitasnya. Rentang waktu pembersihannya bisa dibagi menjadi harian (setiap akhir shift), 2-3 minggu sekali hingga setahun sekali tergantung dari jenis kulit pada furnitur. Adapun dalam proses regular cleaning, berikut adalah hal-hal yang perlu Kamu lakukan:

  • vacuum-lah furnitur kulit menggunakan sikat berbulu halus yang dipasang ke mesin vacuum. Untuk celah-celah furnitur, Kamu bisa gunakan kepala vacuum yang berbentuk pipih. Bersihkan hingga ke celah-celahnya untuk mencegah kotoran yang menumpuk.
  • Lap furnitur kulit di akhir shift dengan lap lembut. Kulit harus dibersihkan atau dilap dengan lap bersih dua sampai tiga kali seminggu. Ini akan membantu mencegah debu dan kotoran menumpuk, terutama di celah-celah furnitur kulit.
  • Jangan gosok furnitur terlalu keras karena Kamu bisa menggores permukaan furnitur kulit.

Removing ink

Kadang, tinta dari pena bisa tumpah di furnitur kulit. Agar tidak meninggalkan noda yang susah dihilangkan, kuncinya adalah mencoba untuk menghapus/menghilangkan noda tinta dari pena sesegera mungkin. Karena jika terlambat sedikit saja, noda akan menempel selamanya di permukaan kulit. Berikut langkah-langkah untuk menghapus noda tinta:

  • Celupkan kain penyeka ke dalam chemical
  • Gosokkan perlahan pada area noda tinta
  • Keringkan area tersebut dengan alat pengering atau bisa dengan diangin-anginkan saja
  • Bila sisa noda masih terlihat, baurkan cairan aseton
  • Biarkan semalaman lalu hapus dengan lap basah

Remove dark stains from light coloured furniture

Jika terdapat noda gelap di furnitur-furnitur berwarna terang, berikut langkah-langkah menghilangkan noda gelap di furnitur-furnitur berwarna terang:

  • Gunakanlah chemical yang sesuai untuk furnitur kulit
  • Gosokkan chemical tersebut pada noda dan biarkan selama 10 menit, ulangi proses ini beberapa kali
  • Bilas dengan spons lembap.

Annual cleaning

Selain pembersihan-pembersihan di atas tadi, untuk membersihkan kulit ada juga annual celaning, yaitu pembersihan yang dilakukan setahun sampai dua tahun sekali untuk menjaga furnitur kulit menjadi awet dan tahan lama. berikut ini hal-hal yang Kamu lakukan dalam pemeliharaan annual cleaning:

  • Baurkan wax ke seluruh permukaan kulit. Lapisan wax ini tidak hanya untuk melindungi namun juga melembapkan kulit agar tidak retak akibat terlalu kering.
  • Ikuti petunjuk yang benar dari produsen wax untuk memastikan kulit tetap lentur dan tidak kering meskipun sudah dibersihkan.

Bagaimana Ajarian, caranya mudah bukan? Kamu bisa menerapkan cara di atas untuk menangani furnitur kulit yang ada di hotel atau di area kerjamu. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang lembut saja ya, agar permukaan kulit tidak lecet atau tergores!

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News