Cara Melayani Tamu yang Baru Tiba di Hotel

Cara Melayani Tamu yang Baru Tiba di Hotel

Editor Ajar

Cara Melayani Tamu yang Baru Tiba di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Concierge merupakan orang pertama yang ditemui tamu saat mereka tiba di hotel. Oleh karena itu, saat Kamu melayani mereka akan menciptakan first impression terhadap hotel sehingga hal ini penting bagimu untuk bisa menyambut tamu dengan baik agar mereka merasa antusias dari kali pertama menginjakkan kaki di hotel.

Setelah sebelumnya dibahas tentang Cara Menyiapkan Special Request dari Tamu Hotel, dalam artikel ini AJAR.id akan menjelaskan cara melayani tamu yang baru tiba di hotel, simak yuk!

  1. Sapa tamu – sapalah dengan standar greeting di hotel, misalnya ‘Selamat pagi ibu, selamat datang di Ajar Hotel’.
  2. Tawarkan bantuanmu – berinisiatiflah untuk membantu tamu, baik dengan membawakan tas, membukakan pintu atau menuntun tamu lansia.
  3. Periksa dan hitung jumlah koper dan tas yang dibawa – pastikan koper tamu tidak tertukar dengan tamu lain yang datang bersamaan.
  4. Arahkan tamu ke resepsionis – persilakan tamu melakukan check-in di resepsionis sementara Kamu menangani barang bawaan mereka.
  5. Arahkan mobil dan bis untuk parkir sesuai tempat – concierge juga memiliki tugas mengatur kendaraan yang menurunkan tamu di lobby, arahkanlah agar posisi kendaraan tidak mengganggu laju kendaraan lain.
  6. Antarkan tamu ke kamar – setelah check-in, pandu tamu menuju kamar mereka.
  7. Jelaskan fasilitas hotel – dalam perjalanan ke kamar, jelaskan berbagai fasilitas seperti swimming pool, spa, bar, dan fasilitas lain yang bisa tamu gunakan selama menginap.
  8. Lakukan upselling – berinteraksi dengan tamu memberikanmu peluang untuk upselling productpromosikan produk-produk dan event yang sedang berlangsung di hotel serta jelaskan bila ada discount
  9. Letakkan koper dan tas – setibanya di kamar, letakkan koper dan tas sesuai tempatnya: taruh koper di suitcase rack, tas makeup di meja rias, laptop di meja kerja, dsb.
  10. Jelaskan fasilitas kamar – berikan informasi umum tentang fasilitas yang ada di kamar serta cara menggunakannya, seperti cara menggunakan kunci kamar, menyalakan TV, atau cara mengakses internet.

Setelah menjelaskan fasilitas kamar, tanyakan tamu apakah mereka masih membutuhkan bantuanmu barulah pamit untuk meninggalkan ruangan. Itulah langkah-langkah yang umum dilakukan oleh concierge dalam melayani tamu yang baru datang.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News