Cara Melakukan Panggilan Telepon Secara Profesional

Cara Melakukan Panggilan Telepon Secara Profesional

AJAR Hospitality

Cara Melakukan Panggilan Telepon Secara Profesional

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika menjawab panggilan telepon, sebaiknya Kamu bersikap profesional. Namun, belum tentu semua orang memiliki sikap tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Kamu melakukan panggilan telepon.

Di hotel, staf juga ditugaskan untuk melakukan panggilan telepon. Lalu, apa saja yang dilakukan oleh staf ketika melakukan panggilan telepon?

  1. Mengkonfirmasi reservasi tamu yang sudah melakukan booking
  2. Melakukan pesanan ke supplier atau penyedia layanan
  3. Melakukan follow up pada tamu dengan menghubunginya kembali lewat telepon
  4. Melakukan follow up komplain dari para tamu
  5. Mencari keterangan atau informasi
  6. Mempromosikan layanan, fasilitas atau produk
  7. Menyampaikan pesan

Beberapa orang gagal untuk bersikap profesional ketika melakukan panggilan telepon karena terlalu menganggap enteng tugas ini. Maka dari itu, sebelum melakukan panggilan telepon, ada beberapa hal yang perlu Kamu siapkan.

Pertama, pastikan Kamu tidak menghubungi nomor yang salah. Karena hal tersebut akan membuatmu malu. Selain itu, juga akan menimbulkan penilaian negatif dari publik terhadap hotel. Kerugian lainnya adalah adanya biaya yang harus ditanggung hingga waktu yang terbuang sia-sia.

Untuk mengurangi risiko tersebut, Kamu bisa menggunakan fitur speed dial. Jika tersedia fitur ini, Kamu hanya perlu menekan nomor speed dial yang benar. Jangan lupa untuk meng-update nomor speed dial, jika orang yang akan Kamu hubungi telah mengganti nomornya.

Jika melakukan panggilan telepon di luar jangkauan atau luar negeri, pastikan Kamu memasukkan kode area yang benar. Kamu bisa mencatat kode area tersebut, jangan bergantung pada ingatan karena sewaktu-waktu bisa lupa.

Berikut ini adalah kode dan nomor yang harus Kamu catat sebelum melakukan panggilan telepon ke luar jangkauan atau luar negeri:

  • Kode negara
  • Kode area
  • Nomor telepon bisnis atau seseorang yang akan dituju
  • Nomor telepon bebas biaya jika tersedia. Selalu gunakan nomor telepon ini jika ada.

Terakhir, ucapkan permintaan maaf jika Kamu menghubungi nomor yang salah dan jangan langsung menutup teleponnya. Saat ini dengan adanya fitur ‘Caller ID’, akan semakin mudah untuk mengetahui siapa yang menelepon. Jika panggilan berasal dari nomor yang tidak dikenal, kebanyakan orang akan langsung menutupnya.

Baca juga: Berbagai Alat Pendukung untuk Komunikasi Staff dengan Tamu

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News