Cara Food Handling Buah dan Sayur sesuai Standar

Cara Food Handling Buah dan Sayur sesuai Standar

AJAR Hospitality

Cara Food Handling Buah dan Sayur sesuai Standar

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Buah dan sayur itu bukanlah high risk food selama belum dikupas dan dipotong-potong. Cara menyimpannya mudah saja, yakni cukup disimpan dalam suhu ruangan. Sementara untuk memperpanjang umurnya, buah dan sayur bisa didinginkan atau dibekukan saja Ajarian.

Saat akan bekerja Menyiapkan Buah dan Sayur untuk Diolah Menjadi Hidangan, penting bagi Kamu untuk menerapkan food handling sesuai standar yang berlaku. Aturan dasar dalam food handling ialah menjaga kebersihan tangan. Maka, ingatlah untuk mencuci tanganmu saat situasi berikut:

  1. Ketika akan berganti kegiatan, misalnya dari memotong ke memasak hidangan
  2. Setelah membawa peti buah dan sayur ke dapur
  3. Sebelum dan sesudah memotong-motong buah dan sayur
  4. Sebelum dan sesudah memisahkan buah dan sayur yang dikategorikan high risk.

Buah dan sayur yang telah dipotong akan rentan terkontaminasi, sehingga harus ditaruh dalam wadah tertutup untuk melindunginya. Jangan lupa menaruhnya di lemari pendingin untuk memperlambat proses fermentasi yang terjadi saat buah dan sayur terekspos udara setelah dipotong. Sebagai catatan, dilarang mencampur bahan mentah dan yang sudah dimasak ya Ajarian!

Para food...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter