Brief Overview of Strategic Training Need Analysis

Brief Overview of Strategic Training Need Analysis

AJAR Hospitality

Brief Overview of Strategic Training Need Analysis

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kamu belajar tentang 360 degree training need analysis (bagian pertama training need analysis)selanjutnya Kamu belajar tentang brief overview of strategic training need analysis (bagian kedua training need analysis).

Strategic training need analysis mengupas tentang bagaimana merumuskan sebuah pelatihan dengan cara menurunkan target kerja dari level tertinggi (corporate) hingga ke level karyawan dengan cara melihat proyeksi bisnis yang akan dilalui. Dari target-target tersebut, maka Kamu bandingkan dengan kompetensi karyawan saat ini. Bila kompetensi di bawah target kerja, maka terdapat kebutuhan pelatihan.

Training adalah hal yang sangat strategis. Oleh karena itu, semua orang dalam organisasi harus berperan aktif dalam menganalisa kebutuhan pelatihan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Strategic Training Need Analysis ini sebenarnya kami kembangkan dari sistem “Balance Score Card” karya Prof. Robert Kaplan.

Prinsip dasar pada model ini adalah dengan menurunkan strategi hotel dari level tertinggi (corporate) hingga ke level terendah (individu karyawan di setiap unit hotel), lalu melihat gap dari kompetensi secara menyeluruh karyawan dalam menjalankan strategi yang akan dibuat.

Pendekatan ini lebih banyak melihat atau memproyeksikan kebutuhan pelatihan dengan melihat proyeksi bisnis yang akan dilalui di masa yang akan datang (future oriented TNA). Peran training departemen lebih menempatkan diri pada posisi mitra bisnis dengan mendukung bisnis hotel melalui pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan.

Dalam merumuskan kebutuhan pelatihan, metode ini lebih menitik beratkan kepada bisnis yang diproyeksikan di masa yang akan datang, lalu membandingkan dengan melihat level kompetensi karyawan saat ini

Hal ini kami sebut sebagai strategic training need analysis. Yakni, dengan menganalisa kebutuhan pelatihan dari strategi bisnis yang akan dilalui (Future Oriented TNA)

Proses penurunan kebutuhan pelatihan dimulai dari yang tertinggi (Corporate level > Hotel Level > Departemen Level > Individu)

Berikut adalah ilustrasi pembuatan pelatihan dari sudut pandang strategic training need analysis model:

Baca juga artikel selanjutnya: Level 1 - Corporate Training Need Analysis

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News