Berbagai Jenis Saus Lezat untuk Hidangan Sayuran

Berbagai Jenis Saus Lezat untuk Hidangan Sayuran

AJAR Hospitality

Berbagai Jenis Saus Lezat untuk Hidangan Sayuran

AJAR.id – Hello Ajarian! Saus dapat membuat sayuran jauh lebih lezat untuk disantap. Pilihan saus yang sempurna akan menambah dan memperkaya rasa yang terkandung di dalamnya.

Saus untuk hidangan sayuran diklasifikasikan menjadi dua yaitu saus untuk sayuran panas dan untuk sayuran dingin.

Hot vegetables

Hidangan sayuran yang masuk dalam kategori hot vegetables contohnya adalah sayuran yang ditumis, casserole, ratatouille, atau stuffed vegetable. Jenis saus yang cocok untuk hidangan hot vegetables adalah:

  • Béchamel
    Saus béchamel atau saus putih merupakan saus dasar yang kerap digunakan di berbagai makanan seperti pasta dan lasagna. Bahan dasar saus bechamel adalah susu dan roux (campuran dari mentega dan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, dan biji pala. Saus béchamel dapat diperkaya dengan krim dan keju serta rasa sesuai dengan sayuran yang disajikan, misalnya kembang kol dan saus keju.
  • Veloute
    Saus veloute adalah saus yang terbuat dari bahan cair kaldu putih ditambah roux putih atau kuning. Untuk membuat saus veloute, Kamu membutuhkan roux dan butter, tepung terigu dan white stock. Saus ini dibuat dari stok berbasis hewani sehingga perlu berhati-hati jika hidangan yang dibuat ditujukan untuk vegan atau vegetarian.
  • Cream reduction
    Cream reduction hanyalah bumbu dasar yang dimasukkan ke dalam krim lalu dibiarkan hingga mendidih dan ditiriskan sampai meresap dalam sayuran.
  • Butter glaze
    Butter glaze adalah metode klasik yang digunakan untuk memberi rasa pada sayuran. Saat sayuran keluar dari air mendidih, selanjutnya akan ditiriskan dan dimasak ke dalam mentega yang ada dalam wajan panas. Sayuran dimasak hingga air menyusut dan menyisakan lapisan tipis lemak yang akan meningkatkan rasa dan daya tarik visual sayuran tersebut.

Cold vegetables

Selain disajikan dalam keadaan panas, banyak pula sayuran yang disajikan dingin seperti salad. Saus yang cocok untuk sayuran dingin contohnya adalah:

  • Vinaigrette
    Vinaigrette terbuat dari campuran minyak dan bahan yang memiliki rasa asam (contohnya: cuka atau air jeruk lemon). Biasanya juga ditambahkan campuran rempah dan bumbu. Minyak yang biasanya digunakan adalah minyak zaitun, tapi bisa diganti dengan minyak lainnya. Vinaigrette dapat ditempatkan di atas kentang panas dan kemudian saus akan menyerap ke dalam kentang. Vinaigrette juga cocok untuk mendampingi sayuran yang dipanggang untuk menambah rasa.
  • Mayonnaise
    Jenis saus ini tentu sudah tidak asing karena sifatnya yang mudah ditemukan dan serbaguna khususnya untuk salad. Mayonnaise sangat populer sebagai saus salad karena meningkatkan rasa dan merupakan agen pengikat yang sangat baik untuk menyatukan komponen salad.

Itulah berbagai jenis saus yang lezat untuk hidangan sayuran yang Kamu buat. Saat mengolah hidangan, pastikan Kamu memahami tentang setiap bahan yang dapat menimbulkan reaksi yang merugikan customerCustomer bisa saja memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, kedelai, produk susu, gluten, dll. Jadi, memberi informasi kepada customer sangat disarankan sehingga mereka dapat membuat pilihan berdasarkan informasi tanpa harus bertanya terlalu banyak kepada staf.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News