Bagaimana Seharusnya Pelaksanaan Kerja Meminimalisir Risiko dan Bahaya

Bagaimana Seharusnya Pelaksanaan Kerja Meminimalisir Risiko dan Bahaya

AJAR Hospitality

Bagaimana Seharusnya Pelaksanaan Kerja Meminimalisir Risiko dan Bahaya

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika sebelumnya Kamu mempelajari Kemungkinan Bahaya dan Resiko dari Peralatan dan Fasilitas Kerja, kali ini Kamu akan diajak untuk menelusuri tata pelaksanaan pekerjaan yang dapat meminimalisir risiko dan bahaya.

Dalam artikel sebelumnya telah disinggung bahwa kemungkinan risiko dan bahaya dapat ditimbulkan tidak hanya dari tingkat kelayakan peralatan dan fasilitas, tapi juga dari cara penggunaan dan pelaksanaan pekerjaan itu sendiri.

Dengan memastikan bahwa tata pelaksanaan suatu pekerjaan sudah selaras dengan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, kemungkinan terjadinya dampak dan risiko kerja akan dapat diperkecil (atau bahkan dihindari).

Namun demikian, apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan penelusuran bahaya dan risiko yang ditimbulkan atas tata cara pelaksanaan pekerjaan?

Seorang petugas pemantau harus memperhatikan hal-hal yang umumnya berisiko menimbulkan bahaya dalam bentuk apa pun seperti berikut:

  1. Prosedur pembukaan dan penutupan premis (area kerja) – pada saat awal pengoperasian dan akhir jam operasional dengan memastikan bahwa instalasi kelistrikan (pencahayaan) sudah dinonaktifkan.
  2. Prosedur keselamatan dan keamanan –...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News