Bagaimana Cara Menerapkan Konsep 4P di Perhotelan?

Bagaimana Cara Menerapkan Konsep 4P di Perhotelan?

AJAR Hospitality

Bagaimana Cara Menerapkan Konsep 4P di Perhotelan?

AJAR.id – Hello Ajarian! Product dan service yang ditujukan untuk target pasar yang berbeda akan memiliki unsur 4P lebih banyak (Promotion, Product, Price, dan/atau Place). Unsur-unsur 4P tersebut kemudian disesuaikan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan tiap-tiap pasar.

Setelah Kamu Mengenal Target Pasar Hotel dalam artikel sebelumnya, kini pelajari cara penerapannya yuk! Eits, ada beberapa poin penting yang harus Kamu ingat dulu sebelum menerapkan konsep 4P:

  • Setiap product dan service yang ditawarkan hotel pasti memiliki unsur 4P.
  • Setiap product dan service bisa dikembangkan agar memiliki lebih dari satu unsur 4P.
  • Tidak ada persyaratan saat Kamu hendak mengembangkan 4P dari product dan service yang tersedia. Pengembangan unsur-unsur 4P juga bisa menciptakan suatu product atau service yang baru lho!

Jadi, seperti apa contoh penerapan konsep pemasaran 4P ini agar mampu membidik target pasar yang tepat?

  1. Product
  • Membuat ‘Family Package’ yang ditujukan untuk tamu keluarga, dimana paket ini meliputi sejumlah kegiatan, aktivitas dan hiburan yang bertujuan untuk memberi kepuasan pada anak-anak dan orang tua.
  • Menyediakan business center untuk memfasilitasi tamu-tamu pebisnis.
  • Menyediakan variasi makanan rendah lemak dan rendah garam untuk menarik tamu yang menjalani gaya hidup sehat.
  • Memberikan buku menggambar bagi anak-anak yang bersantap di restoran, hal ini penting terutama jika hotel/restoran melabeli diri sebagai ‘family friendly restaurant’.
  1. Price
  • Menawarkan harga khusus untuk ‘business package’ yang meliputi produk dan fasilitas pendukung untuk kegiatan bisnis di hotel.
  • Memberikan diskon untuk tamu keluarga di tanggal-tanggal low season.
  • Memberikan harga khusus untuk makanan bagi anak-anak di restoran.
  1. Place
  • Menyediakan layanan airport shuttle terutama bila mayoritas customer hotel datang menggunakan pesawat.
  • Memperpanjang jam operasional untuk bar and lounge di hotel, tujuannya untuk menarik customer lebih banyak (terutama para anak muda).
  1. Promotion
  • Iklan-iklan yang ditujukan untuk menarik customer mancanegara sebaiknya ditaruh pada website dan majalah-majalah internasional.
  • Menuliskan iklan promosi dalam bahasa Inggris agar lebih banyak customer mancanegara yang tertarik.
  • Mencantumkan harga dalam mata uang negara yang menjadi target promosi.
  • Menggunakan konten foto yang berbeda untuk tiap target pasar, sesuai daya tariknya.
  • Menyelenggarakan kompetisi, seperti kompetisi foto sebagai ajang promosi hotel sekaligus menarik lebih banyak perhatian customer.

Itulah cara penerapan konsep pemasaran 4P yang umum digunakan. Dengan menggunakan konsep ini, Kamu lebih mampu untuk menentukan strategi yang tepat dalam menjual product dan service yang tersedia. Hasilnya, penjualan pun bisa mencapai target yang telah ditentukan!

Baca juga: Apa Saja Manfaat dari ‘Target Pasar’ Perhotelan?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News