Apa Saja Perbedaan Manual Reservation dan Computerized Reservation?

Apa Saja Perbedaan Manual Reservation dan Computerized Reservation?

AJAR Hospitality

Apa Saja Perbedaan Manual Reservation dan Computerized Reservation?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Saat tamu ingin menginap di hotel, biasanya mereka akan melakukan reservasi atau booking kamar terlebih dahulu. Reservasi yang dilakukan tamu dapat Kamu gunakan untuk mengecek ketersediaan kamar, mencatat data tamu termasuk metode pembayaran yang mereka pilih. Adapun dalam sebuah hotel, pencatatan reservasi kamar dilakukan dengan dua cara: manual dan komputer.

Apa perbedaan keduanya?

Pada artikel ini, AJAR.id akan memaparkan perbedaan sistem reservasi manual (Manual Reservation) dan komputer (Computerized Reservation) baik dari keunggulan maupun kelebihan dari keduanya. Langsung aja yuk simak penjelasan di bawah!

Sistem manual

Pada sistem manual reservation, perlengkapan yang digunakan contohnya kalender, buku catatan, lembar pemesanan, kertas registrasi tamu, dan lain-lain.

Saat ada reservasi yang masuk, pertama-tama Kamu harus mengecek ketersediaan kamar pada tanggal yang diinginkan, kemudian mencatat data tamu tersebut dan selanjutnya mengubah data room allocation.

Untuk sistem manual, memang akan memakan lebih banyak waktu karena Kamu harus mengisikan data tertulis pada arsip yang berbeda-beda. Maka dari itu, sistem manual akan lebih cocok digunakan pada hotel/penginapan skala kecil.

Sistem komputer

Untuk sistem reservasi...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News