Apa Saja Peralatan yang Digunakan di F&B Service?

Apa Saja Peralatan yang Digunakan di F&B Service?

Editor AJAR.id

Apa Saja Peralatan yang Digunakan di F&B Service?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pada sebuah hotel, tentu tersedia restoran yang digunakan untuk menyajikan makanan kepada tamu. Restoran akan menjadi sangat sibuk pada waktu breakfast, lunch, dan dinner.

Sebelum jam makan dimulai, Kamu harus memastikan semua hidangan telah tersaji dan meja makan sudah tersusun rapi. Nah, untuk mendukung pekerjaanmu saat melayani tamu di restoran, ada peralatan serta perlengkapan yang harus kamu siapkan Ajarian!

Apa saja sih yang digunakan di F&B service?Baca di bawah ini yuk!

  1. Coffee Machines
    Mesin pembuat kopi harus dinyalakan setidaknya 30 menit sebelum mulai digunakan, sehingga mesin sudah cukup panas untuk memproduksi kopi. Siapkan juga kelengkapan mesin kopi mulai dari cangkir, gelas, sendok, saucer, hingga bubuk kopi beserta gula dan susu.
  2. Tea Making Facilities
    Alat ini diperlukan terutama untuk menyajikan teh jenis tubruk. Alat dan bahan yang harus tersedia adalah cangkir, saucer, sendok teh, daun teh bubuk atau kantung teh, teko, termos air, penyaring daun teh, dan irisan lemon.
  3. Bain-maries
    Alat ini digunakan untuk menghidangkan makanan agar tetap hangat. Suhu biasanya diatur pada 60°C. Pertama-tama, bain maries harus dinyalakan dulu agar air di dalamnya bisa mencapai suhu yang diinginkan. Air inilah yang akan menjaga kehangatan makanan di atasnya.
  4. Toasters
    Toaster biasanya digunakan saat waktu breakfastToaster harus selalu dibersihkan agar terbebas dari remahan roti bekas pemanggangan. Cek juga apakah toaster berfungsi dengan baik sebelum digunakan tamu.
  5. Salt and Pepper Shakers
    Botol garam dan gula yang disediakan pada setiap meja harus selalu Kamu periksa. Kalau ada lubang yang menghambat jalan keluar garam atau gula dari botolnya, bersihkan menggunakan tusuk gigi bersih.
  6. Cutlery
    Ada banyak sekali jenis cutlery yang digunakan pada restoran dan hotel. Tiap cutlery pun memiliki penggunaan khususnya masing-masing. Berapa banyak jenis cutlery yang harus Kamu ketahui? Baca juga selengkapnya tentang cutlery di artikel Jenis-Jenis Cutlery di Restoran, Jangan Sampe Tertukan Ya!
  7. Crockery
    Crockery alias barang pecah belah di restoran terdiri dari berbagai jenis. Crockery berfungsi untuk menyajikan makanan dan minuman, tapi bukan hanya piring atau gelas saja lho! Setidaknya ada 15 jenis crockery yang harus Kamu pelajari, (lebih lanjutnya akan dijelaskan pada artikel artikel selanjutnya di AJAR.id)
  8. Glassware
    Kamu harus memastikan semua glassware yang akan digunakan tamu sudah bersih, tidak ada jejak bekas air dan tidak retak. Arahkan glassware ke lampu untuk melihat apakah masih ada noda atau tidak. Lap dulu glassware sebelum meletakkannya di meja makan. Jenis glassware yang biasanya harus tersedia di meja adalah gelas wine dan gelas air minum. Adapun jenis glassware lainnya adalah cocktail glasses, liquor glasses, carafes, dan jugs.
  9. Condiments
    Condiments disediakan sebagai penambah atau pelengkap cita rasa makanan, yang dikategorikan sebagai condiments antara lain saus tomat, saus sambal, saus barbecue, mustard, kecap manis, kecap ikan dan saus tabasco. Biasanya condiments ditaruh dalam kemasan aslinya, Kamu perlu mengecek bagian tutup dan leher botol apakah ada bekas saus yang harus dilap.
  10. Butter and Lemons
    Salah satu jenis condiment lain yang tersedia adalah butter dan lemon. Butter dapat berbentuk cube, segitiga, atau ditaruh dalam mangkuk. Sementara lemon umumnya hanya diiris saja, biasa sebagai pendamping minuman atau hidangan laut.
  11. Napkin
    Napkin disebut juga serbet, bisa berbahan kain atau kertas tisu. Napkin wajib tersedia pada setiap meja, umumnya dilipat menjadi berbagai bentuk seperti bentuk kerucut, kipas, opera house, dll.
  12. Waiter’s Station
    Waiter’s station merupakan tempat yang disediakan untuk memudahkan pekerjaan waiter, karena di sini tersedia berbagai stok perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari berbagai jenis cutlery, napkin, condiments, service tray, dan sebagainya.

Sahabat Ajarian, peralatan-peralatan di atas sudah harus Kamu siapkan dalam kondisi bersih sebelum restoran dibuka saat jam makan tamu. Selalu utamakan higienitas ya Ajarian, jangan memegang alat makan dengan tangan kotor apalagi menggenggam bagian atas cutlery! Ketahui juga yuk tentang 3 Jenis Penyajian Menu di Restoran.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News