Apa Saja Peralatan yang Digunakan dalam In-House Laundry?

Apa Saja Peralatan yang Digunakan dalam In-House Laundry?

AJAR Hospitality

Apa Saja Peralatan yang Digunakan dalam In-House Laundry?

AJAR.id – Hello Ajarian! Fasilitas in-house laundry umum ditemukan di hotel-hotel bintang lima ke atas. Fasilitas ini beroperasi di bawah naungan laundry department, yang terdiri dari para laundry staff dengan berbagai jobdesk.

In-house laundry juga menggunakan berbagai macam peralatan untuk mendukung operasionalnya. Peralatan laundry bervariasi dari segi ukuran, fungsi, kapasitas, dll. Nah, dalam artikel ini AJAR.id akan membahas sejumlah peralatan yang umum digunakan dalam fasilitas in-house laundry di hotel. Apa sajakah peralatan tersebut?

  • Washer extractors, (disebut juga washing machines) memiliki banyak ukuran dan mampu menampung 5 – 200 kg linen untuk dicuci.
  • Tumble dryers, (disebut juga dryer). Fungsi utamanya adalah untuk mengeringkan towel. Kapasitas dryer beragam mulai dari 5 kg sampai 80 kg.
  • Flatwork feeders, digunakan untuk membantu memasukkan bedsheet dan tablecloth ke dalam flatwork ironerFlatwork feeder terdiri dari sejumlah klip yang otomatis memasukkan linen ke
  • Flatwork ironer, merupakan mesin yang mengeringkan sekaligus menyetrika bedsheet dan tablecloth dengan sekali jalan.
  • Flatwork folder, mesin ini terpasang pada flatwork ironer dan diprogram untuk melipat bedsheet dan tablecloth secara otomatis.
  • Roller irons, biasanya digunakan di laundry skala kecil untuk menyetrika item seperti napkin dan pillowcase.
  • Towel folding machines, cara kerja mesin ini adalah towel yang sudah di-dry clean akan dimasukkan ke dalam mesin dan nantinya langsung terlipat otomatis. Towel folding machines bisa diprogram untuk melipat dalam bentuk lipatan yang bervariasi.
  • Presserpresser bertenaga uap ini umumnya digunakan untuk menyetrika pakaian, napkin, dan pillowcase. Sedangkan untuk linen dalam jumlah banyak, tidak disarankan menggunakan presser karena membutuhkan banyak tenaga kerja.

Selain peralatan di atas, beberapa fasilitas laundry hotel juga melayani laundry tamu dan seragam staf. Nah, berikut peralatan tambahan yang perlu Kamu ketahui:

  • Polymark machine, merupakan mesin yang digunakan untuk mengidentifikasi pakaian tamu dengan menempelkan label stempel pada setiap pakaian. Label ini tahan terhadap proses cucian dan dry cleaning tetapi dapat dengan mudah dilepas dan tidak merusak pakaian jika digunakan dengan benar.
  • Spotting board, adalah meja yang dirancang khusus melakukan spot cleaning pada noda pakaian sebelum dicuci atau dry cleanSpotting board/table menggunakan selang uap yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda dan juga dapat menghasilkan udara untuk mengeringkan kain setelah menghilangkan noda. Cara mengoperasikannya yaitu menggunakan pedal kaki.
  • Dry cleaning machine, mesin ini digunakan untuk membersihkan item yang tidak bisa dicuci dengan air. Cara pengoperasiannya hampir mirip dengan washing machine, namun perlu menggunakan solvent jenis perchlorethylene.
  • Shirt folding machine, merupakan mesin pelipat kemeja dan t-shirt.
  • Trolley, untuk membawa linen kotor ke laundry department, mendistribusikan linen bersih, mengumpulkan laundry bag tamu serta mengantarkan laundry tamu kembali ke kamar. Pisahkan trolley untuk membawa linen kotor dengan linen bersih ya! Hal ini dilakukan untuk menjaga higienitas linen dan pakaian yang telah di-
  • Weigh scales, disebut juga timbangan, digunakan untuk menimbang linen kotor sebelum masuk ke washing machines sehingga tidak melebihi kapasitas.
  • Press pads, yaitu pelapis iron machine yang harus dibersihkan dan diganti secara berkala
  • Packaging material, seperti kantung plastik, keranjang, kardus, hanger termasuk marking tape dan tag/label.

Sahabat Ajarian, itulah peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam sebuah in-house laundry di hotel. Tidak setiap peralatan di atas wajib dimiliki, karena tiap hotel tentu memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Mengoperasikan Mesin dan Peralatan Laundry Service

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News