Apa Perbedaan Business Guest dan Leisure Guest? Yuk Baca!

Apa Perbedaan Business Guest dan Leisure Guest? Yuk Baca!

AJAR Hospitality

Apa Perbedaan Business Guest dan Leisure Guest? Yuk Baca!

AJAR.id – Hello Ajarian! Berbagai jenis tamu silih berganti datang ke hotel untuk menginap. Tamu-tamu tersebut tentu memiliki alasan masing-masing atas kedatangan mereka, namun secara garis besar ada dua jenis tamu di hotel. Kedua jenis tamu yang dimaksud adalah business guest dan leisure guest.

Apa sih bedanya?

Business Guest

Tipe tamu ini adalah mereka yang melakukan perjalanan untuk bisnis. Business guest merupakan sumber pendapatan terbesar bagi hotel karena mereka terus berdatangan sepanjang tahun, terkecuali pada musim liburan.

Siapa saja contoh business guest yang menginap di hotel?

Business guest biasanya merupakan pegawai negeri, klien bisnis perusahaan, delegasi bagi konferensi/acara khusus, dan juga tamu VIP.

Apa alasan kedatangan mereka?

Beberapa alasan tamu bisnis menginap di antaranya untuk menghadiri seminar/konferensi, bisa juga karena sedang transit penerbangan. Alasan lainnya yaitu untuk menjalankan negosiasi bisnis atau mengadakan meeting dengan klien.

Leisure Guest

Leisure guest merupakan jenis tamu yang disebut ‘wisatawan’ karena mereka datang untuk berlibur. Kedatangan tamu jenis ini sifatnya musiman dan mereka hanya tertarik pada atraksi wisata atau special events yang sedang berlangsung.

Leisure guest umumnya telah mempersiapkan kedatangan mereka dengan memesan kamar dari jauh-jauh hari karena tinggi rendahnya tarif kamar sangat berpengaruh bagi mereka.

Siapa saja yang dimaksud dengan leisure guest?

  • Wisatawan individu yang memesan kamar secara pribadi (dikenal sebagai fully independent travellers atau FIT)
  • Tamu rombongan/grup yang memesan kamar secara kolektif
  • Backpackers yang umumnya wisatawan muda
  • Package rate guest yaitu tamu yang menginap dengan membayar harga yang sudah termasuk pada fasilitas/layanan tertentu, misalnya paket kamar plus layanan spa, paket kamar plus kelas memasak, dll.
  • Tamu dari travel agency - travel agency berperan menjadi perantara penjualan kamar hotel sehingga mereka mendapatkan komisi tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak hotel dari penjualan kamar hotel yang melaluinya.

Apa alasan kedatangan mereka?

Leisure guest memiliki beberapa tujuan saat menginap di hotel, umumnya karena sedang berlibur maupun weekend gateways alias liburan singkat akhir pekan. Bisa juga untuk menghadiri acara keluarga (misal: pernikahan), mendatangi pertunjukan seni, atau menghadiri event special seperti olimpiade olahraga, festival tahunan, dan kegiatan budaya.

Dengan mengenali jenis tamu yang tiba, Kamu bisa mempersiapkan kebutuhan mereka dengan segera. Ini juga membantumu menentukan hal apa saja yang dapat direkomendasikan kepada mereka untuk membuat masa inap lebih menyenangkan.

Baca juga artikel: Cara Melayani Tamu yang Baru Tiba di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News