9 Penyebab Customer Merasa Kecewa

9 Penyebab Customer Merasa Kecewa

AJAR Hospitality

9 Penyebab Customer Merasa Kecewa

AJAR.id – Hello Ajarian! Menjadi pekerja di bidang jasa tentu membuat Kamu harus selalu memprioritaskan customer. Kepentingan customer patut didahulukan demi kepuasan dan kenyamanan mereka. Saat customer merasa puas atas pelayananmu, dapat dipastikan mereka tidak segan untuk datang kembali.

Akan tetapi, bagaimana jika customer kecewa dan tidak puas dengan layanan yang diberikan?

Ketidakpuasan yang dialami bisa menimbulkan konflik antara hotel dengan customer. Konflik merupakan situasi di mana adanya pertentangan akibat ketidakcocokan antara individu, gagasan, atau kepentingan. Pemicu konflik dari customer antara lain dikarenakan oleh:

  1. Buruknya pelayanan
    Contohnya saat customer dibiarkan menunggu terlalu lama atau ketika sikap karyawan yang kurang sopan dan kasar.
  2. Ekspektasi customer tidak terpenuhi
    Customer tentu mengharapkan fasilitas dan layanan sesuai apa yang dipromosikan. Bila ternyata berbeda, maka timbul rasa kecewa yang akan memicu konflik.
  3. Ketidakpuasan
    Misalnya ketidakpuasan customer saat makanan yang dipesan tidak enak.
  4. Higienitas
    Kebersihan itu sangat penting. Contohnya ketika customer mendapati kamar mandi tidak cukup bersih maka mereka akan merasa kecewa.
  5. Ketidaknyamanan
    Rasa tidak nyaman dapat diakibatkan dari suasana yang terlalu ramai atau kondisi suhu terlampau panas.
  6. Suasana gaduh
    Suasana gaduh ini bisa disebabkan oleh suara-suara dari tamu lain yang berada di bar.
  7. Kekeliruan pada pembayaran
    Terdapat tagihan pembayaran di akun customer yang seharusnya tidak ada, di mana tagihan tersebut seharusnya tagihan customer lain.
  8. Sistem reservasi bermasalah
    Misalnya customer tiba di hotel larut malam setelah perjalanan panjang dengan cuaca buruk. kemudian terdapat masalah pada sistem pemesanan dan pembayaran.
  9. Special request tidak dipenuhi
    Misalnya customer ingin membuat acara istimewa. Dia melakukan special request bunga dan champagne untuk diantarakan ke kamarnya sebelum jam 4 sore. Namun, sampai jam 4 sore, bunga dan champagne belum diantarkan ke kamarnya.

Sahabat Ajarian, itulah penyebab-penyebab customer merasa kecewa. Sebagai hotelier jempolan, sudah sepatutnya Kamu menghindari untuk melakukan 9 hal tersebut. Malah sebaliknya, jika memungkinkan, Kamu harus memberikan lebih dari ekspektasi customer.

Baca juga: Service Excellent

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News