9 Langkah Membantu Tamu Melakukan Pemesanan di Hotel Lain

9 Langkah Membantu Tamu Melakukan Pemesanan di Hotel Lain

AJAR Hospitality

9 Langkah Membantu Tamu Melakukan Pemesanan di Hotel Lain

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam beberapa situasi, tamu yang menginap di hotelmu akan menanyakan saran tentang hotel di kota yang menjadi tujuan mereka berikutnya. Tugasmu bukan hanya menjawab pertanyaan mereka, namun juga menawarkan untuk membantu memesankan kamar hotel di kota tersebut, karena ini adalah bagian dari pelayanan hotel yang profesional.

Apabila di kota tersebut terdapat hotel cabang atau hotel yang berafiliasi dengan hotelmu, cobalah untuk mempromosikannya, karena umumnya akan ada komisi yang diperoleh hotel bila berhasil melakukan pemesanan atas nama tamu. Namun, perlu diingat nih, jangan sampai Kamu terkesan memaksa tamu untuk menginap di hotel pilihanmu. Hal ini justru akan memberi kesan negatif di mata tamu.

Berikut 9 langkah untuk membantu tamu melakukan pemesanan di hotel lain:

  1. Pertama, tanyakan kota yang menjadi destinasi tamu
  2. Identifikasi tipe, style, dan kualitas hotel yang diinginkan tamu. Misalnya, apakah tamu menginginkan hotel yang ramah anak (kids-friendly), memiliki standar bintang 5, atau bergaya arsitektur tradisional?
  3. Ketahui preferensi pribadi tamu mengenai kamar hotel yang akan ditinggali. Misalnya, tamu menginginkan kamar yang memiliki balkon.
  4. Pergunakan wawasanmu dan manfaatkan brosur, guidebook, situs internet, dan sumber informasi lain untuk memberi penjelasan kepada tamu mengenai hotel yang dimaksud. Semakin dalam penjelasanmu, maka akan semakin membantu tamu untuk membuat keputusan.
  5. Jelaskan opsi-opsi yang tersedia di hotel tersebut dan pastikan tamu sudah menyetujui pilihanmu sebelum melakukan reservasi. Advise the guest of their available options and gain agreement as to their preferred option
  6. Hubungi hotel yang dituju untuk melakukan pemesanan. Umumnya, pemesanan biasa dilakukan melalui telepon. Kamu harus menanyakan dulu apakah tipe kamar yang diinginkan tamu tersedia
  7. Catat nomor pemesanan (booking number). Kemudian, bila tamu setuju, lakukan pembayaran uang deposit untuk menjamin pemesanan kamar tersebut
  8. Berikan rincian pemesanan (booking detail) dalam bentuk hard copy kepada tamu
  9. Sampaikan terima kasih kepada tamu atas reservasi mereka.

Setelah tamu check-out dan meninggalkan hotel, ikuti prosedur internal hotel untuk mencatat pemesanan yang berhasil Kamu lakukan. Hal ini wajib dilakukan terutama untuk mendapatkan komisi atas pemesanan tersebut.

Baca juga: 4 Tips Mencatat Forwarding Address Tamu Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News