7 Tips Pengelolaan Logistik Hotel yang Efektif dan Efisien

7 Tips Pengelolaan Logistik Hotel yang Efektif dan Efisien

Editor Ajar

7 Tips Pengelolaan Logistik Hotel yang Efektif dan Efisien

AJAR.id - Hello Ajarian! Tetunya Kamu tahu kan kebutuhan-kebutuhan belanja hotel sangatlah banyak sehingga penataan logistik di hotel memiliki peran yang sangat vital untuk menjamin kerapian, keamanan, dan kemudahan bagi para penggunanya. Oleh karena itu, dibutuhkan perlakuan khusus terhadap barang-barang tersebut.

Di sini saya akan berbagai 7 tips yang bisa dilakukan untuk pengelolaan logistik hotel, terutama item-item yang berhubungan dengan persediaan untuk tamu (guest supplies).

Tips # 1

Pisahkan guest supplies yang berbau wangi dengan persediaan makanan (groceries).

Kenapa harus dipisahkan?

Barang seperti sabun (bath soap) dan shampo harus dipisah dengan barang seperti gula pasir, gula merah, teh, kopi, dan creamer karena bau wangi dan kandungan kimia dari sabun bisa menyerap ke dalam kemasan dalam barang-barang tersebut. Jadi, pisahkanlah ke dalam rak yang berbeda.

Tips # 2

Penyimpanan roll tissue (tisu toilet), dinner napkin (tisu makan) biarkan tetap dalam kemasannya agar kebersihan dan kehigienisan barang-barang tersebut tetap terjaga di dalam box. Jadi, hitung saja jumlah barangnya, kemudian catat ke dalam kartu persediaan dan tulis di box kartonnya.

Tips # 3

Simpan slipper (sandal hotel) ke dalam tempat yang lebih luas, agar kualitas tetap terjaga. Masukkan slipper ke dalam kotak secara perlahan dan sesuaikan dengan kapasitas box yang tersedia agar slipper tetap dalam kualitas yang baik. Karena, bila dipaksa dan ditekan, slipper sangat berpotensi menjadi rusak.

Tips # 4

Barang dengan tanggal kadaluwarsa lebih cepat ditaruh di rak bagian terdepan.

Seperti halnya penataan display barang di supermarket, letakkan barang dengan tanggal kadaluwarsa lebih cepat di depan barang yang tanggal kadaluwarsanya masih lama, supaya barang tersebut lebih cepat keluar. Pisahlah penyusunan peletakannya dan upayakan untuk tidak tercampur satu dan yang lainnya.

Berikan tanda kapan barang tersebut akan kadaluwarsa dan kapan tanggal pembelian barang tersebut. Dengan demikian, staf logistik dapat memperkirakan berapa jumlah stock yang aman yang akan di simpan di dalam gudang, karena jika menimbun barang terlampau banyak bisa menyebabkan ketidakefisienan dalam anggaran hotel. Barang-barang yang mudah sekali busuk atau layu seperti buah dan sayuran hendaknya langsung didistribusikan ke bagian terkait.

Tips # 5

Barang perlengkapan kantor seperti form dan kertas HVS diletakkan di bagian atas. Tujuannya, agar barang tersebut tidak terinjak-injak oleh staf.

Susun penempatan form sesuai dengan divisi yang akan menggunakannya, sehingga mudah untuk dicari.

Tips # 6

Sebaiknya hotel memiliki lebih dari satu gudang, sehingga pendistribusian barang lancar dan efektif.

Divisi Housekeeping dan F&B sebaiknya punya gudang tersendiri untuk menyimpan barangnya, sehingga semua barang dapat disimpan dengan rapi dan teratur sesuai jenis barangnya. Selain itu, setiap divisi tersebut juga dapat mengatur sesuai kaidah-kaidah operasional mereka.

Tips # 7

Buatlah jadwal pengambilan barang supaya tertib dan mempermudah hotel dalam mengontrol keluar dan masuknya barang dan laporan menjadi lebih rapi. Selain itu, staf logistik juga dapat mempunyai cukup waktu untuk melakukan stock opname secara berkala. Dengan demikian, pekerjaan saat closing bulanan bisa menjadi lebih ringan.

Sahabat Ajarian, demikian 7 tips pengelolaan logistik hotel yang efektif dan efisien yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News