6 Langkah Mudah dalam Melaksanakan Training Need Analysis

6 Langkah Mudah dalam Melaksanakan Training Need Analysis

AJAR Hospitality

6 Langkah Mudah dalam Melaksanakan Training Need Analysis

AJAR.id Hallo Ajarian! Tahukah Kamu terdapat beberapa langkah dalam melaksanakan training need analysis (TNA) di hotel? Pada artikel ini, AJAR.id akan memberikan ulasan singkat tentang langkah-langkah mudah dalam melaksanakan training need analisys.

Pada dasarnya, setiap hotel memiliki formatnya sendiri dalam proses pembuatan kebutuhan pelatihan, namun proses yang AJAR.id berikan merupakan langkah baru. Langkah-langkah ini merupakan perpaduan antara past oriented training need analysis (perumusan kebutuhan pelatihan dengan melihat kepada bisnis yang sudah dilalui) dan future oriented training need analysis (perumusan kebutuhan pelatihan dengan melihat proyeksi bisnis yang akan diraih).

Lalu apa saja kah 6 langkah dalam melaksanakan training need analysis?

Berikut ini 6 langkah mudah dalam melaksanakan training need analisys:

  1. Pahami Konsep Dasarnya
    Pada bagian pertama ini, kenali definisi dan tujuan dasar dari konsep perumusan sebuah kebutuhan pelatihan. Selain itu, kapan saja dan dalam situasi apa saja yang memerlukan sebuah pelatihan dengan pendekatan TNA dengan melihat bisnis yang sudah dilakukan (past oriented TNA).
    (Selengkapnya 360 Degree Training Need Analysis Model)
  2. Rumuskan Strateginya
    Rumuskan sebuah pelatihan dengan cara menurunkan target kerja dari level tertinggi (corporate) hingga ke level karyawan. dengan cara melihat proyeksi bisnis yang akan dilalui. Dari target-target tersebut, Kamu dapat membandingkan dengan kompetensi karyawan saat ini. Bila kompetensi di bawah target kerja, maka terdapat kebutuhan pelatihan.
    (Selengkapnya Brief Overview of Strategic Training Need Analysis)
  3. Penerapan di Level Corpotare
    Terapkan sebuah kebutuhan pelatihan dirumuskan untuk seluruh hotel dari grup corporate hotel itu sendiri. Bagian ini hanya dapat diterapkan untuk hotel chain.
    (Selengkapnya Level 1 - Corporate Training Need Analysis)
  4. Penerapan di Level Hotel
    Terapkan sebuah kebutuhan pelatihan yang dirumuskan untuk hotel dengan mengikuti arahan dari kantor pusat dan strategi bisnis di hotelnya. Rumusnya adalah (strategi corporate + strategi hotel) = TNA hotel.
    (Selengkapnya Level 2 - Hotel Training Need Analysis)
  5. Penerapan di Level Departemen
    Terapkan sebuah kebutuhan pelatihan yang dirumuskan untuk tiap-tiap departemen dengan mengikuti strategi yang telah dibuat dan disetujui pada level Hotel.
    (Selengkapnya Level 3 - Departemental Training Need Analysis)
  6. Penerapan pada Individu
    Terapkan TNA untuk menganalisa kebutuhan pelatihan untuk masing-masing karyawan yang disesuaikan dengan strategi suksesi kepemimpinan (succesion plan) pada tiap-tiap hotel. Hal ini juga kami sebut dengan talent training need analysis (TTNA).
    (Selengkapnya Level 4 - Individual Training Need Analysis)

Dalam proses perumusannya, pihak HRD hendaknya berkolaborasi dengan semua departemen terkait. Sehingga, Kamu mampu mendapatkan gambaran dengan jelas untuk menganalisa kebutuhan pelatihan di tiap-tiap departemen.

Sahabat Ajarian dapat menggunakan semua cara di atas atau sebagian dari yang telah dijelaskan. Hal tersebut hendaknya disesuaikan dengan kebijakan dari hotel masing-masing. Bila Ajarian di chain hotel, tanyakan terlebih dahulu kemudian ikuti petunjuk dan prosedur dari kantor pusat!

Baca juga artikel selanjutnya: 360 Degree Training Need Analysis Model

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News