6 Jenis Produk Susu yang Digunakan untuk Membuat Dessert

6 Jenis Produk Susu yang Digunakan untuk Membuat Dessert

AJAR Hospitality

6 Jenis Produk Susu yang Digunakan untuk Membuat Dessert

AJAR.id – Hello Ajarian! Produk susu (dairy product) secara umum didefinisikan sebagai segala macam produk yang terbuat dari hasil olahan susu. Produk susu sangat kaya akan sumber energi, karena mengandung protein, vitamin, kalsium, mineral serta karbohidrat.

Produk susu digunakan secara luas dalam pembuatan dessert di restoran. Produk susu tersebut meliputi buttermilk, krim, yoghurt, creme fraiche, dan mentega. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Buttermilk
    Buttermilk adalah cairan sisa proses pembuatan mentega dari krim atau susu. Buttermilk memiliki rasa asam segar, agak tajam, dan digunakan untuk menangkal rasa pahit, basa, dan bikarbonat dari soda yang terkandung dalam banyak hidangan kue yang dipanggang. Penggunaan buttermilk akan menciptakan tekstur makanan yang lembut dan lebih lezat, khususnya pada scone, pancake, dan muffin.
  2. Cream
    Cream atau krim merupakan komponen lemak yang terkandung dalam susu dan terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari tekstur, kandungan lemak dan rasanya. Clotted cream atau dikenal juga sebagai devonshire cream adalah jenis krim yang paling kental, dengan kandungan 55% lemak. Sementara pure cream atau krim murni memiliki kandungan 48% lemak.
  3. Thickened cream
    Thickened cream mengandung 35% lemak. Jenis krim ini bisa untuk dibuat whipped...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter