5 Tips Mujarab untuk Melakukan Korespondensi Bisnis yang Baik

5 Tips Mujarab untuk Melakukan Korespondensi Bisnis yang Baik

AJAR Hospitality

5 Tips Mujarab untuk Melakukan Korespondensi Bisnis yang Baik

AJAR.id – Halo Ajarian! Kegiatan korespondensi atau surat menyurat merupakan salah satu kewajiban yang diemban oleh seorang staf sekretaris, atau sejenisnya. Lalu bagaimana cara melakukan korespondensi bisnis yang baik?

Beberapa tips di bawah ini akan sangat berguna, khususnya ketika posisimu adalah seorang staf yang mengurusi segala jenis pembuatan laporan maupun berita baik kepada pihak atasan atau konsumen.

  1. Menentukan Pembaca/Penerima Surat
    Penting untuk mengetahui kepada siapa tulisan/suratmu ditujukan. Hal ini tentu akan sangat memengaruhi pilihan kata, gaya penulisan, serta jenis informasi yang akan Kamu tulis.

Selain itu, pentingnya menentukan tujuan dari korespondensimu dengan pihak tertuju akan membantumu dalam perencanaan format tulisan. Misalnya, Kamu bertujuan untuk memberikan laporan pertanggungjawaban atau sekadar memberikan informasi umum.

  1. Meminta saran dari yang lebih berkompeten
    Tidak selamanya suatu industri—terlebih industri perhotelan—memiliki staf editor untuk menganalisa semua hasil tulisanmu, dan sosok yang dapat Kamu konsultasikan tidak harus berpangkat editor—bahkan pun tidak harus berwujud manusia.

Maksudnya adalah bahwa—bila tidak terdapat staf ahli tersebut—Kamu dapat memanfaatkan akses...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News