5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Telur dan Dairy Products

5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Telur dan Dairy Products

Editor Ajar

5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Telur dan Dairy Products


AJAR.id – Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya, Kamu telah Mengenal Bahan Baku Telur dan Dairy Products seperti susu, cream, butter, dan keju. Telur dan dairy products sangat mudah diolah sehingga menjadi bahan dasar sebagian besar masakan di hotel.

Namun, penggunaanya harus dilakukan dengan bijak agar tidak boros dan memakan biaya besar. Ketahui yuk 5 tips memaksimalkan penggunaan telur dan dairy products di bawah ini!

Pertama, Membeli dalam ukuran yang sesuai kebutuhan – sebagai tips agar lebih ekonomis, belilah produk dalam unit yang besar. Contohnya dengan membeli ukuran kontainer bervolume lima liter, karena lebih murah daripada harga kemasan satu liter. Namun apabila produk tersebut, misalnya cream, dibutuhkan pada 4 area berbeda di kitchen, lebih baik membeli ukuran yang kecil sebanyak 4 buah saja agar tidak terbuang percuma.

Kedua, Menciptakan menu yang bisa memanfaatkan sisa bahan baku. Misalnya sisa putih telur bekas pembuatan mayonnaise yang tak terpakai dapat diolah untuk bahan kue.

Ketiga, Pastikan satu produk sudah benar-benar habis sebelum membuka yang baru. Tidak perlu membuka dua kemasan produk sekaligus kalau tidak perlu. Pastikan untuk selalu meminimalisir pemborosan akibat terlalu banyak kemasan yang dibuka dalam satu waktu.

Keempat, Susu bisa dibeli dalam berbagai ukuran. Apakah harus selalu dibeli segar? Tentu tidak, silakan sesuaikan dengan kebutuhan saja karena banyak resep berbahan dasar susu bisa diganti dengan susu bubuk.

Kelima, Pertimbangkan untuk membeli produk kemasan yang bisa langsung dipakai. Contohnya, Hollandaise Sauce sudah tersedia dalam bentuk tetra pack sehingga tidak perlu membuat sendiri dari telur.

Dengan memaksimalkan penggunaan telur dan dairy product, Kamu bisa menekan biaya bahan baku serta menghindari pemborosan produk. Jangan lupa untuk membaca juga artikel Tips Food Handling Untuk Dairy Productsya Ajarian!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News