5 Sarana Penyimpanan Barang Berharga di Hotel

5 Sarana Penyimpanan Barang Berharga di Hotel

AJAR Hospitality

5 Sarana Penyimpanan Barang Berharga di Hotel

AJAR.id – Halo Ajarian! Ketika seorang klien hendak menitipkan barang-barangnya, tentunya orang tersebut harus mengenali jenis sarana penyimpanan yang disediakan. Bahkan, sejumlah industri perhotelan besar memiliki beberapa pilihan penyimpanan barang berharga.

1. Brankas Kamar
Media penyimpanan ini terdapat di dalam kamar tamu. Mungkin tidak semua industri dapat menyediakannya (atau hanya terdapat pada kamar-kamar tertentu saja), tapi setidaknya sarana ini memungkinkan tamu untuk mengatur kode keamanannya sendiri selama menginap.

Di sisi lain, hotel yang tidak memberikan fasilitas brankas kamar lebih menyarankan para tamu untuk menggunakan jasa penitipan barang berharga yang disediakan oleh industri secara langsung.

2. Brankas TDF
Brankas yang memiliki resistensi terhadap api dan peluru ini merupakan salah satu media penyimpanan dengan tingkat keamanan tinggi. Tentunya, jenis brankas seperti ini tidak selamanya disediakan oleh pihak perhotelan.

3. Brankas Lantai
Brankas kantor yang disematkan secara langsung dengan lantai ruang kantor sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan penggeseran posisi brankas, selain dari tingkat keamanan dan ketahanan bahan bakunya yang tinggi.

5. BrankasTime-Lock
Maksud dari brankas time-lock adalah brankas yang akan terkunci secara otomatis dalam waktu tertentu yang telah diatur secara digital. Tipe brankas seperti ini tentu tidak banyak disediakan oleh pihak industri perhotelan secara umum.

5. Vaults
Dapat dikatakan bahwa vaults merupakan jenis brankas raksasa—atau sebesar ruang kamar (walk-in safes)—dengan teknologi perlindungan modern tingkat tinggi. Jenis brankas seperti ini biasanya hanya tersedia di hotel berbintang 5 plus dan memiliki sistem penjagaan berlapis.

Departemen yang biasa menggunakan brankas jenis ini biasanya berkaitan dengan gaming (kasino). Ketika seorang tamu hendak menggunakan fasilitas ini, dia harus menghubungi pihak bank sebagai jaminan penggunaan brankas ini dan menghubungi pihak keamanan lain.

Baca juga: Jenis-Jenis Dokumentasi Pengiriman Barang Berharga

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News