5 Prinsip Berkomunikasi untuk Staf Valet

5 Prinsip Berkomunikasi untuk Staf Valet

AJAR Hospitality

5 Prinsip Berkomunikasi untuk Staf Valet

AJAR.id – Hello Ajarian! Berkomunikasi dengan tamu menjadi aspek terpenting dari peran seorang staf valet, karena hal ini menjadi dasar kepercayaan antara tamu dengan valet. Cara komunikasi yang kurang tepat dapat menciptakan kesan yang tidak menyenangkan pada tamu, hingga membuat rasa percaya mereka berkurang!

Untuk mencapai sebuah komunikasi yang efektif antara staf valet dengan tamu, berikut 5 prinsip berkomunikasi yang perlu Kamu pahami:

  1. Setiap hal yang Kamu katakan harus memiliki tujuan – think before you speak, pikirkan dulu apa yang hendak Kamu katakan dan bagaimana cara menyampaikannya. Pahami juga situasi di mana Kamu perlu berbicara, dan harus tetap diam.
  2. Pesan yang Kamu sampaikan harus sesuai dengan ‘minat’ dan kemampuan tamu – sebagai contoh, ketika Kamu berbincang dengan tamu sebaiknya percakapan berfokus pada tamu (apa yang telah mereka lakukan, tempat yang telah mereka kunjungi, dll). Jangan justru berfokus kepada valet, namun fokuslah kepada tamu.
  3. Kurangi kata dan kalimat yang tidak penting – percakapan antara staf valet dan tamu harus dibatasi. Tujuannya adalah untuk mengarahkan langsung ke inti percakapan tanpa terlihat pendek atau kasar. Hal ini sebagai bentuk rasa menghormati kepada tamu dan menunjukkan bahwa tamu yang memegang ‘kendali’ atas percakapan tersebut, tugas valet hanya...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News