5 Manfaat Memiliki Product Knowledge

5 Manfaat Memiliki Product Knowledge

AJAR Hospitality

5 Manfaat Memiliki Product Knowledge

AJAR.id – Hello Ajarian! Product knowledge merupakan wawasan seputar produk serta service yang dijual oleh hotel (baca juga: Product Knowledge yang Harus Diketahui di Dunia Perhotelan). Informasi yang ada di hotel terus berkembang, sehingga Kamu juga harus terus mengembangkan product knowledge yang dimiliki (baca juga: 6 Cara Meningkatkan Product Knowledge di Bidang Pariwisata & Perhotelan).

Tahukah Kamu bahwa dengan memiliki product knowledge yang luas, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh! Apa saja manfaat tersebut? Simak yuk!

  1. Mampu memberikan pelayanan profesional kepada customer

Semakin banyak yang Kamu tahu, tentu semakin mampu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Wawasan seputar produk dan service akan membuatmu mampu melakukan hal berikut:

  • Menjelaskan products dan services yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer
  • Merasa percaya diri saat berinteraksi dengan customer untuk melakukan penjualan
  • Membangun hubungan dengan customer berdasarkan kepercayaan dan kredibilitas yang Kamu tunjukkan pada mereka
  • Menjalin hubungan baik dengan customer untuk mendorong bisnis yang berkelanjutan
  • Mendemonstrasikan product dan service dengan cara yang menarik
  • Menawarkan customer untuk mencoba sampel produk yang dijual.
  1. Mampu membedakan antara satu produk dengan produk lainnya
    Produk yang dijual terdiri dari beragam jenis, mulai dari nama brand, ukuran, kualitas, negara produsen, fitur, harga, diskon, hingga metode pembayaran (cash, non-cash, credit card).

Bukan hanya produk, namun service yang dijual hotel juga ada banyak variasi dan harus bisa Kamu bedakan. Variasi service di hotel bisa dibedakan dari segi durasi waktu, cara pelayanan (standar atau extra), lokasi, serta waktu pelayanan (pada jam kerja atau diluar jam kerja)

  1. Memenuhi ekspektasi customer atas pelayanan hotel
    Ketika Kamu memiliki product and service knowledge yang luas, maka Kamu mampu melayani customer lebih baik hingga melampaui ekspektasi mereka. Customer tentu mengharapkan staf benar-benar paham dengan apa yang ‘dijual’, karena bila ternyata staf tidak mengerti dengan baik maka akan menimbulkan hal-hal seperti:
  • Berkurangnya kepercayaan customer terhadap hotel
  • Pembelian product dan service semakin menurun
  • Menurunnya kepuasan pelanggan dan mereka enggan merekomendasikan hotel pada teman dan keluarga.
  1. Memaksimalkan penjualan hotel
    Dengan wawasan yang cukup, Kamu akan mampu memaksimalkan penjualan produk dan service yang tersedia di hotel dengan mengidentifikasi saat-saat yang efektif untuk melakukan penjualan. Bisa juga dengan menciptakan supplementary sales, seperti membuat penawaran spesial/diskon harga di waktu-waktu tertentu.

Selain itu, maksimalkan penjualan dengan cara merekomendasikan produk dan service kepada customer, misalnya dengan menyebutkan acara entertainment yang diselenggarakan hotel atau menawarkan special package deal.

  1. Mampu mendorong keinginan customer untuk membeli produk
    Faktanya, mayoritas customer tidak otomatis membeli produk atau service yang ditawarkan kepada mereka. Customer sering kali harus diyakinkan dan diberikan alasan mengapa mereka harus membeli produk tersebut. Wawasan mengenai produk dan service yang luas akan membantumu mendorong keinginan customer untuk melakukan pembelian.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa diperoleh bila Kamu memiliki product knowledge yang luas. Seorang staf perhotelan yang profesional harus menyadari manfaat tersebut agar terus berusaha mengembangkan diri, sehingga kualitas pelayanan kepada customer semakin meningkat dan pendapatan hotel pun ikut bertambah.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News