5 Langkah Mengantarkan Laundry Item ke Tamu Hotel

5 Langkah Mengantarkan Laundry Item ke Tamu Hotel

AJAR Hospitality

5 Langkah Mengantarkan Laundry Item ke Tamu Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagian besar hotel menerima permintaan laundry dan dry cleaning dari tamu mereka. Tamu hotel akan meletakkan pakaian yang ingin dicuci ke dalam laundry bag yang tersedia di kamar lalu mengisi laundry docket/laundry bill untuk menjelaskan jumlah dan jenis pakaian mereka. Laundry bag nantinya akan diambil oleh petugas dan kemudian dibawa ke in-house laundry atau off-site laundry service.

Setelah pakaian milik tamu selesai diproses, dipastikan tidak ada noda dan kerusakan dan dikemas, maka laundry item tersebut perlu dikirim kembali ke kamar mereka. Prosedur pengembalian laundry item ke kamar tamu bisa bervariasi di tiap hotel. Nah, AJAR.id akan menjelaskan tata cara umum yang bisa Kamu pelajari:

  1. Pertama-tama, ketuk pintu atau tekan bel di kamar tamu dan jangan langsung membuka pintu karena tamu bisa saja sedang beristirahat atau bekerja.
  2. Ketuk kembali sebelum memasuki kamar, lalu ucapkan salam dan maksud kedatanganmu, sebagai contoh: “Selamat siang/malam, laundry service”.
  3. Cek apakah laundry item yang hendak Kamu antarkan sudah sesuai dengan nomor kamar yang tertera. Saat ada banyak paket laundry yang harus diantar, bisa saja Kamu keliru mengantarkan item.
  4. Letakkan laundryitem di kamar tamu sesuai dengan prosedur yang berlaku di hotel. Laundry yang dilipat biasanya ditaruh di atas kasur sementara laundry yang ditaruh di hanger akan digantung dalam lemari. Pintu lemari perlu dibuka sedikit agar tamu mengetahui bahwa pakaian mereka telah diantarkan.
  5. Pamitlah kepada tamu yang ada di kamar dan tutup pintu dengan memastikan sudah terkunci kembali. Kemudian, beri tanda silang atau centang pada nomor kamar yang tertera di laundry list yang Kamu bawa.

Apabila Kamu menemukan tanda “Do not disturb” di pintu kamar, sebaiknya tunda pengantaran laundry. Di beberapa hotel, staf akan meninggalkan pesan di bawah pintu yang menjelaskan bahwa laundry tamu hendak diantarkan, dan meminta tamu untuk menghubungi bagian laundry/resepsionis ketika mereka sudah tidak sibuk.

Baca juga: 5 Jenis Layanan Off-Site Laundry

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News