5 Jenis Dokumen dalam Proses Reservasi di Hotel

5 Jenis Dokumen dalam Proses Reservasi di Hotel

AJAR Hospitality

5 Jenis Dokumen dalam Proses Reservasi di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam proses reservasi, tentu terdapat dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk diberikan kepada customer dan disimpan sebagai arsip internal. Sebagai staf reservasi, Kamu patut memahami jenis dokumen apa saja yang berkaitan dengan reservasi kamar di hotel. Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan 5 macam dokumen yang umum digunakan dalam reservasi di hotel, simak di bawah ini yuk!

  1. Receipts
    Receipt adalah bukti pembayaran atas transaksi yang dilakukan tamu, yaitu pembayaran deposit atau full payment untuk sebuah reservasi kamar. Metode pembayaran reservasi bisa dengan cash atau kartu kredit.

Recipt biasanya diterbitkan secara manual maupun dicetak otomatis menggunakan komputer atau cash register. Kemudian, riwayat transaksi pembayaran akan dicatat pada guest account di komputer.

  1. Invoices
    Invoice hanya diterbitkan kepada perusahaan dan travel agent yang melakukan reservasi. Informasi yang tertera di dalam invoice adalah rincian pemesanan, tarif kamar, komisi yang diberikan dan total yang harus dibayar.

Ketentuan pembayaran (terms of payment) juga tercetak bersama invoice tersebut,...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News