5 Cara Menentukan Harga Kamar Hotel

5 Cara Menentukan Harga Kamar Hotel

AJAR Hospitality

5 Cara Menentukan Harga Kamar Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang kita ketahui bahwa harga kamar (room rate) merupakan unsur yang memegang peranan penting di dalam suatu persaingan bisnis perhotelan. Konsumen cenderung memilih unit hotel dengan fasilitas mewah tetapi memiliki harga yang sesuai dengan kantongnya. Dalam kaitannya dengan masalah penentuan harga kamar hotel terdapat beberapa metode.

Metode apa saja yang bisa digunakan untuk menentukan harga kamar hotel?

Metode yang bisa digunakan untuk menentukan harga kamar hotel yaitu:

  1. Markup
    Metode ini merupakan metode penetapan harga dengan cara menaikkan harga jual pada persentase tertentu dengan tujuan untuk memperoleh laba/keuntungan yang maksimum. Metode penentuan harga kamar hotel dengan cara markup ini biasanya digunakan pada masa-masa menjelang hari lebaran terutama di kota-kota tujuan pemudik seperti Yogyakarta, Surabaya, Jember, Semarang, dan Solo.
    Metode markup ini tidak selamanya bisa dilakukan oleh pengelola hotel di dalam menentukan harga kamarnya, karena bisa mempengaruhi tingkat occupancy unit hotel tersebut apabila penentuan harga dilakukan dengan metode markup secara continue. Selengkapnya di artikel Langkah-Langkah...

Recommended Posts

AJAR in The News