5 Buah yang Mudah Diolah Menjadi Makanan Lezat

5 Buah yang Mudah Diolah Menjadi Makanan Lezat

AJAR Hospitality

5 Buah yang Mudah Diolah Menjadi Makanan Lezat

AJAR.id – Hello Ajarian! Buah-buahan memiliki kandungan serat dan vitamin yang berlimpah. Mengonsumsi buah secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Idealnya, Kamu harus mengonsumsi buah minimal 400 gram per hari lho!

Buah juga merupakan komoditas yang sering diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Buah-buahan yang kerap ditemukan pada menu di restoran yaitu:

  1. Apel
    Apel bisa dimasak dalam kelembaban minimal sampai struktur dinding sel buah melunak. Hati-hati untuk tidak memasaknya terlalu lama atau apel akan menjadi saus.
  2. Pir
    Buah pir cocok diolah dengan cara direbus (poached). Teknik poaching yang benar akan membuat buah pir mengeluarkan warna oranye yang cantik dan menghasilkan rasa yang tajam namun sedap.
  3. Buah persik dan aprikot
    Kedua buah ini umumnya direbus dalam sirup. Selain itu, buah persik segar bisa dipanggang lalu disajikan bersama hidangan daging.
  4. Buah beri
    Keluarga buah beri mulai dari strawberry, blueberry, raspberry, blackberry dan sebagainya merupakan jenis buah yang paling sering diolah dalam berbagai masakan. Umumnya buah beri diolah dengan cara dimasak dalam sedikit cairan dengan panas sedang dan tidak sampai mendidih. Cara memasak ini dikenal dengan teknik poaching.
  5. Pisang
    Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Pisang memiliki rasa yang dominan dan sangat serbaguna: bisa dibakar, digoreng, dikukus, bahkan dipanggang.

Buah-buahan akan lebih cepat matang saat dimasak ketimbang sayuran. Maka dari itu, Kamu perhatikan proses memasak agar mendapatkan konsistensi yang sesuai. Jika buah digunakan sebagai isian 'pai', isinya harus dimasak sebelum dimasukkan ke dalam pai. Apabila buah itu tidak dimasak maka kelembaban alami buah menjadi larut dan membuat kue basah.

Saat hendak mengolah buah-buahan, Kamu pastikan buah sudah bersih dari kotoran dan hama. Cuci buah secara merata khususnya jika buah akan disajikan dalam keadaan utuh, misalnya strawberry. Selain itu, Kamu harus menggunakan pisau yang tajam untuk memudahkanmu saat mengiris buah dan kupas kulit sepenuhnya, pastikan tidak ada yang tertinggal.

Salam Jempol !

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News