4 Tanggung Jawab Penting Seorang Room Attendant di Hotel

4 Tanggung Jawab Penting Seorang Room Attendant di Hotel

Editor Ajar

4 Tanggung Jawab Penting Seorang Room Attendant di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam setiap hotel, resort, atau jenis penginapan lain, pastilah terdapat petugas room attendantsRoom attendants memiliki ‘pasukan’ paling banyak dibanding petugas hotel lainnya, apalagi pada hotel yang jumlah kamarnya cukup banyak. Keberadaan room attendants dibutuhkan dalam memelihara kebersihan dan tampilan kamar tamu serta keamanannya. Pada artikel ini, AJAR.id akan mengenalkanmu pada 4 tanggung jawab penting seorang room attendant di hotel. Simak di bawah ini ya!

1. Memelihara hubungan baik dengan tamu
Tiap staf hotel tentu diharapkan untuk selalu menyapa tamu dengan ramah dan profesional, termasuk petugas room attendants. Ada banyak situasi di mana room attendants harus menghadapi permasalahan yang juga memerlukan bantuan dari staf lain.

Misalnya saat ada komplain mengenai fasilitas kamar (AC rusak, kran air mati), room attendants harus menangani dengan bijak dan memastikan pada tamu bahwa permasalahan mereka bisa segera diatasi dengan cara berkoordinasi dengan tim Engineering.

2. Memastikan keamanan dan kenyamanan tamu
Pekerjaan room attendants mengharuskanmu untuk keluar-masuk ruangan kamar tamu. Karena hal ini sangat berkaitan dengan privasi tamu, pastikan tamu tidak merasa terganggu saat Kamu membersihkan kamar. Ucapkan salam sesuai standard di hotel kamu setiap mengetuk pintu kamar dan selalu kunci kembali kamar setelah dibersihkan (bila kondisi kamar kosong).

Selain itu, kamu juga bertindak untuk mengawasi area floor terbebas dari bahan-bahan yang mudah terbakar dan selalu berkoordinasi dengan tim security bila kamu melihat kejanggalan.

3. Menjaga kebersihan kamar
Tugas utama room attendants adalah membersihkan kamar tamu di hotel. Bersihkan setiap aspek yang ada dalam kamar dan selalu tinggalkan kamar dalam kondisi rapi.

4. Memerhatikan administrasi dan komunikasi
Room attendants harus memahami kamar mana saja yang harus dibersihkan serta bagaimanakah urutannya (apakah sesuai nomor kamar atau jam check-out). Kamu akan mudah membuat prioritas pekerjaan bila kamu memiliki laporan administrasi atas kondisi kamar. Dengan memahami administrasi tersebut serta komunikasi baik dengan staf lain, maka room attendant bisa menjalankan tugasnya untuk memastikan kamar sudah siap huni.

Secara garis besar, 4 hal di atas merupakan tanggung jawab room attendants di hotel. Saat bertugas, Kamu juga harus bersikap ramah, informatif serta berhati-hati. Buatlah suasana kamar dan hotel senyaman mungkin agar tamu merasa betah seperti di rumah mereka sendiri. Artikel Tugas Harian Room Attendants di Hotel akan di-publish besok agar pengetahuanmu seputar room attendants bisa diperdalam lagi.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News