4 Langkah Mudah Membuat Sirup Gula

4 Langkah Mudah Membuat Sirup Gula

AJAR Hospitality

4 Langkah Mudah Membuat Sirup Gula

AJAR.id – Hello Ajarian! Sirup gula adalah cairan yang digunakan oleh koki pastry. Sirup gula memiliki beberapa kegunaan di dapur, mulai dari membuat minuman hingga dessert. Sirup gula sangatlah mudah untuk dibuat, Kamu hanya membutuhkan dua bahan dasar yaitu gula dan air.

Lalu, bagaimana cara mengolah dua bahan itu?

  1. Pertama-tama, rebus 500 ml air dengan 200 gr gula pasir. Rasio gula dan air bisa diubah. Beberapa resep memiliki hingga dua kali jumlah gula dan sebagian lagi hanya setengahnya. Hal ini semua berkaitan dengan rasa dan preferensi si juru masak.
  2. Selama kedua bahan direbus, aduk sampai mendidih dan gula menjadi larut
  3. Sirup gula sudah jadi! Sebagai pelengkap, Kamu bisa menambahkan bahan lain untuk memberi rasa dan warna. Kamu bisa menambahkan lemon, jeruk, cengkeh, air mawar, atau pewarna makanan. Namun, hati-hati agar tidak menambahkan terlalu banyak bahan karena akan mengacaukan rasa sirup tersebut. Tambahkan perisa dan pewarna lalu aduk merata.
  4. Biarkan sirup gula hingga dingin lalu pindahkan ke wadah tertutup. Kamu bisa menggunakan botol kaca atau toples kaca yang bersih.

Dalam proses pembuatan sirup gula, Kamu harus memerhatikan agar air sirup tidak terlampau kental, karena sirup bisa semakin mengental saat nantinya disimpan dalam lemari pendingin. Selain itu, Kamu juga harus memberi label berisi tanggal pembuatan...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News