4 Karakter Yang Harus Dimiliki Room Attendant Profesional

4 Karakter Yang Harus Dimiliki Room Attendant Profesional

Editor Ajar

4 Karakter Yang Harus Dimiliki Room Attendant Profesional

AJAR.id Hello Ajarian! Seorang Room Attendant dituntut untuk bisa bekerja dengan gesit saat membersihkan kamar. Tugas membersihkan dan merapikan kamar di hotel melibatkan di antaranya skill yang terlatih serta wawasan seputar objek yang akan Kamu bersihkan. Pada artikel ini AJAR.id akan menjelaskan dengan lengkap tentang karakter yang harus Kamu miliki untuk menjadi Room Attendant yang profesional.

Apa saja sih karakter tersebut?

Berikut ini 4 karakter yang harus dimiliki Room Attendant:

Pertama, Knowledge Room Attendant harus memiliki wawasan luas seputar:

  • Cara mengoperasikan benda-benda elektronik (televisi, AC, proyektor). Tamu akan membutuhkan pertolonganmu saat mereka kesulitan mengoperasikan benda-benda tersebut.
  • Fasilitas hotel dan ruangan kamar ─ Kamu harus memahami fasilitas apa saja yang dimiliki hotel, sehingga mampu menjelaskannya ke tamu yang menginap.
  • Cara menggunakan alat kebersihan beserta chemical-nya ─ Karena ada banyak jenis alat dan chemical yang akan Kamu gunakan, maka cara penggunaannya penting untuk Kamu pahami.
  • Prosedur yang benar dalam membersihkan kamar ─ Proses membersihkan kamar harus Kamu lakukan sesuai prosedur yang ditetapkan dalam hotel agar memenuhi standar kebersihan.
  • Wawasan mengenai keamanan dan keselamatan terutama dalam situasi darurat.

Kedua, Skills Skill mumpuni dibutuhkan untuk bisa menjalankan pekerjaan dengan teliti dan efisien. Skill dapat diperoleh dari pelatihan/training dan jam terbangmu. Semakin sering Kamu melakukannya tentu akan semakin lihai kemampuanmu. Room Attendant juga harus memiliki skill dalam menangani manual handling dengan aman untuk menghindari cedera saat bekerja.

Ketiga, Sikap ─ Sikap yang harus dimiliki seorang Room Attendant di antaranya pekerja keras, profesionalitas, fisik yang kuat, manajemen waktu yang tertib, independen namun juga mampu bekerja sama dalam tim, serta kemampuan berorganisasi yang baik.

Keempat, Integritas dan kejujuran ─ lingkup kerja Room Attendant adalah kamar tamu, di mana ruangan kamar merupakan privasi setiap penghuninya. Maka dari itu, Room Attendant diharapkan turut menjaga privasi atau hal-hal yang bersifat pribadi, dengan tidak melakukan hal seperti:

  • Membaca informasi rahasia atau pribadi atau menjamah barang milik tamu
  • Menggunakan atau mengonsumsi barang tamu seperti parfum atau cokelat
  • Membagikan informasi mengenai data tamu dengan orang lain
  • Membagikan informasi tentang kegiatan/aktivitas tamu dengan orang lain.

Di samping itu, Room Attendant juga harus menjunjung nilai kejujuran, misalnya saat menemui adanya tindakan yang melanggar hukum atau berupa ancaman. Kamu wajib melaporkannya dan memberi keterangan sejelas-jelasnya kepada pihak berwenang.

Itulah 4 karakter yang harus dimiliki seorang Room Attendant yang profesional. Memiliki wawasan luas, skill yang terampil, sifat cekatan serta tetap berintegritas akan menjadikanmu pekerja yang profesional bukan hanya sebagai Room Attendant namun di manapun Kamu bekerja. Tidak sulit kok untuk menjadi sosok berkarakter seperti itu, yang terpenting Ajarian memiliki semangat untuk selalu belajar dan mengembangkan diri. Selain itu, penting juga bagimu untuk memelihara hubungan baik sesama staf yang nanti dijelaskan pada artikel Staf Apa Saja Yang Berhubungan Dengan Room Attendant.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News