4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Kerjasama Antar Departemen di Hotel

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Kerjasama Antar Departemen di Hotel

AJAR Hospitality

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Kerjasama Antar Departemen di Hotel

AJAR.id - Seperti kita ketahui hotel adalah salah satu industri yang mengedepankan pelayanan yang terbaik bagi customer-nya (tamu). Demi memberikan pelayanan yang terbaik itulah diperlukan adanya kerja sama yang solid antar departemen yang ada pada unit hotel.

Di dalam melakukan kerja sama antar departemen ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

1. Adanya persamaan persepsi
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah persamaan persepsi antar departemen, contohnya adalah kualitas sayuran, mungkin bagi seorang purchasing persepsi kualitas sayuran yang baik adalah sayuran yang sudah bersih, sementara bagi staf kitchen memiliki persepsi yang berbeda yakni kualitas sayuran yang baik itu yang segar dan tidak layu, daunnya masih komplit dan tidak ada bekas gigitan ulat. Tentu saja perbedaan persepsi ini harus diminimalkan, caranya adalah dengan membuat sebuah pedoman tentang kualitas sayur dan buah yang digunakan sebagai acuan di dalam membeli barang bagi purchasing.

2. Adanya kesepakatan bersama antar departemen
Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai kesepakatan bersama antar departemen. Mengapa dibutuhkan kesepakatan? Karena masing-masing departemen memiliki Standard Operational Procedure(SOP) yang berbeda, tentu saja agar kerja sama berjalan dengan baik dibutuhkan...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News