3 Poin Penting dalam Mengalokasikan Kamar untuk Tamu di Hotel

3 Poin Penting dalam Mengalokasikan Kamar untuk Tamu di Hotel

Editor Ajar

3 Poin Penting dalam Mengalokasikan Kamar untuk Tamu di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Alokasi kamar (room allocation) harus dilakukan berdasarkan permintaan dari tamu dan kebijakan yang berlaku. Permintaan tamu yakni misalnya non-smoking room, king-size bed, poolside roomdll. Oleh karena itu, Kamu perlu mengecek arrival list saat akan melakukan room allocation agar tamu mendapatkan kamar yang sesuai permintaan mereka.

  1. Group booking – tarif yang diberikan pada group booking biasanya adalah tarif rendah sehingga ditempatkan pada kamar yang ‘less popular’ di area hotel. Kamar-kamar ini sudah harus siap sebelum grup tiba di hotel.
  2. Room rate – hotel umumnya memiliki banyak jenis tarif kamar tergantung segmen pasarnya. Tamu FIT (Fully Independent Travelers) tidak diberikan diskon dan semakin tinggi harganya maka kamar yang diberikan semakin bagus. Sementara tamu corporate umumnya diberikan diskon spesial karena mereka melakukan banyak pemesanan sekaligus. Hotel juga mungkin melakukan perjanjian tertentu kepada klien mereka untuk memberikan room upgrade, special access, atau kupon khusus.

Perhatikan jenis tamu dan tarif kamar agar Kamu tidak keliru melakukan alokasi kamar.

Contoh pembagian room rate:

  1. Pre-register – saat ada tamu yang datang terlampau larut malam atau terlalu pagi, maka tamu tetap diberikan kamar dan dianggap sudah check-in. Hal ini dimaksudkan agar tarif kamar tetap harus dibayarkan penuh meski tamu tidak menghuni kamar selama 24 jam.

Itulah 3 poin penting yang perlu Kamu lakukan saat mengalokasikan kamarBila tamu telah memberikan pesan agar kamar disesuaikan dengan keinginan mereka, tentu Kamu tidak boleh mengecewakannya dengan keliru mengalokasikan kamar. Lakukan proses room allocation dengan teliti ya! Perhatikan juga saat tamu memesan tipe kamar tertentu yang sifatnya eksklusif/limited seperti Presidential Suite, kamar harus segera di-blocked off pada saat pemesanan dilakukan untuk mencegah overbooking.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News