3 Macam Bahan Pengental untuk Saus

3 Macam Bahan Pengental untuk Saus

AJAR Hospitality

3 Macam Bahan Pengental untuk Saus

AJAR.id – Hello Ajarian! Banyak sekali masakan yang tidak lengkap bila disajikan tanpa saus. Saus adalah cairan yang memiliki rasa dan disajikan dengan hidangan daging atau sayuran.

Saus yang berkualitas bisa Kamu lihat dari konsistensinya. Saus yang baik harus bisa melekat pada makanan, kental, tidak terlalu encer seperti air.

Untuk membuat konsistensi seperti itu, bahan pengental diperlukan untuk mengentalkan saus, terutama untuk cairan yang tidak memiliki sifat penebalan alami.

Ada 3 bahan pengental yang bisa digunakan untuk mengentalkan saus:

  1. Tepung
    Tepung adalah bahan yang paling populer untuk menjadi pengental karena memiliki sedikit sekali rasa. Tepung bisa dicampurkan dengan air atau langsung dimasukkan ke dalam masakan, karena tepung bisa menyerap air dalam masakan dan membuatnya menjadi kental.
  2. Telur
    Telur, khususnya kuning telur, bisa menjadi bahan pengental. Kuning telur memiliki kandungan protein yang ketika dimasak akan menciptakan pembentukan gel. Untuk mengentalkan saus, biasanya telur akan dicampurkan dengan krim kemudian ditambahkan pada saat terakhir proses pembuatan saus. Telur juga digunakan untuk membuat mayonnaise karena kemampuannya untuk mengemulsi saus.
  3. Cream
    Krim akan mengental saat direbus. Didihkan krim sampai menempel pada makanan dan krim akan...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News