3 Langkah Memproses Room Service Bill

3 Langkah Memproses Room Service Bill

AJAR Hospitality

3 Langkah Memproses Room Service Bill

AJAR.id – Hello Ajarian! Room Service merupakan salah satu fasilitas hotel yang memungkinkan tamu untuk memesan makanan dan minuman kemudian diantar ke kamar mereka. Sebagian besar hotel menyediakan layanan ini dan umumnya beroperasi 24 jam. Room service bisa beroperasi di bawah naungan departemen room service tersendiri atau dikelola oleh pihak restoran hotel.

Tamu biasa memesan room service melalu telepon dan Kamu harus mencatat pesanan mereka dengan akurat. Setelah itu, sampaikan pesanan ke bagian kitchen agar bisa diproses. Ketika hidangan sudah siap, segera antarkan ke kamar yang dituju.

Ketika mengantar pesanan, Kamu perlu membawa room service bill yang berisi rincian order tamu. Nah, dalam artikel ini AJAR.id akan menjelaskan bagaimana cara memproses room service bill. Berikut tiga langkah mudah yang perlu Kamu ketahui:

  1. Siapkan dan periksa room service bill
    Account docket/bill berisi:
  • Room Number
  • Guest Name
  • Metode pembayaran baik cash, credit card atau ditagihkan ke room account
  • Waktu dan tanggal pengantaran
  • Daftar item makanan/minuman beserta harganya termasuk biaya tambahan bila ada (tax, delivery fee, dll.)
  • Total pembayaran.

Pastikan Kamu selalu mengecek apakah room service accounts sudah mencantumkan informasi yang benar. Apakah ada item yang tidak sesuai? Apakah ada item yang free of charge? Apakah nomor kamar dan nama tamu telah sesuai? Periksa hal-hal tersebut sebelum memberikannya kepada tamu ya!

  1. Serahkan room service account kepada tamu
    Serahkan bill kepada tamu dan mintalah tanda tangan mereka sebagai konfirmasi atas pengiriman makanan dan total yang harus dibayarkan. Metode pembayaran sudah harus dikonfirmasi pada saat pesanan dicatat.

Nantinya staf room service akan meminta tanda tangan tamu sebagai konfirmasi atas menu-menu yang dipesan dan untuk memastikan bahwa tagihan akan dimasukkan ke room account. Bila tamu hendak membayar tunai, staf room service perlu menyiapkan receipt.

  1. Proses pembayaran room service
    Setelah semua pesanan sudah dicek beserta total pembayarannya, mintalah tanda tangan tamu. Tanda tangan ini untuk memverifikasi bahwa makanan dan minuman telah diterima.

Selain itu, jika tidak ada tanda tangan pada bill maka bill tersebut dianggap tidak valid dan tidak bisa diproses oleh cashier untuk dimasukkan ke guest account. Untuk tamu yang membayar cash, pastikan Kamu memberi receipt dan uang kembalian yang sesuai bila perlu.

Sebelum Kamu meninggalkan ruangan, jelaskan pada tamu dimana mereka harus meletakkan tray berisi piring kotor. Tiap hotel memiliki aturan yang bervariasi, ada yang mengharuskan tamu untuk menelepon room service agar tray diambil, ada pula yang memperbolehkan untuk tray ditaruh di luar kamar. Baca juga artikel lainnya: Proses Clear Up Room Service di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News